Dukung Pengembangan Pariwisata, Disnakan Tebar 42 Ribu Benih Ikan di Embung Pendem

  • Bagikan
Kepala Desa Pendem Bersama Forkopimca dan Disnakan Magetan Saat Menabur 42 Ribu Bibit Ikan di Embung Pendem.(Daniel/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan bersama jajaran Forkopimca Ngariboyo menebar puluhan ribu benih ikan air tawar di Embung Pendem, tepatnya di Desa Pendem Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, Selasa (23/11).

Pemerintah Desa (Pemdes) Pendem menyambut dengan baik program dari Disnakan Magetan ini. Sejumlah 42.000 benih ikan air tawar yang ditebar selain untuk pelestarian Ikan, juga dilakukan untuk mengembangkan dan daya tarik destinasi wisata embung pendem tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Perikanan Disnakan Kabupaten Magetan Bambang Eko T.P mengatakan, selain di Embung pendem, ada beberapa tempat lain yang ditebar bibit ikan oleh Disnakan.

“Pagi ini kita menebar benih ikan di embung Pendem sebanyak 42.000 benih ikan air tawar yaitu ikan tawes dan ikan tombro. Selain disini (embung pendem.red) nanti rencananya akan ada beberapa tempat lagi yang akan ditebar seperti di Baleasri dan Parang,” jelas Bambang.

Setelah melepaskan benih ikan, Bambang berpesan untuk kedepannya kelestarian ikan di embung Pendem harap dijaga dan untuk pengawasannya diserahkan kepada Pemerintah Desa Pendem Kecamatan Ngariboyo.

Tim Disnakan Bersama Forkopimca dan Pemdes Pendem Ngariboyo.(Daniel/Lensa Magetan)k

“Untuk menjaga kelestarian ikan, kurang lebih selama 3 bulan tidak boleh ada yang mancing agar benih ikan ini bisa berkembang menjadi besar dulu. Nanti untuk pengawasannya kita serahkan ke pengelola atau Pemdes Pendem,” imbuhnya.

Camat Ngariboyo, Kuswinardi yang ikut hadir dalam kegiatan tebar benih ikan di embung pendem juga menambahkan harapan dan pesan yang disampaikan untuk Pemdes Pendem.

“Alhamdulillah hari ini adalah momen yang tepat untuk mengembangkan tempat wisata karena saat ini Covid-19 sudah mulai mereda dan dengan adanya penebaran benih ikan ini kedepannya wisata embung pendem yang dikelola oleh Bumdes Pendem bisa lebih banyak menarik wisatawan untuk datang baik untuk berwisata atau pun yang ingin memancing disini,” terang Kuswinardi.

Sementara itu, disisi Kepala Desa (Kades ) Pendem Kusnanto menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mengembangkan wisata Embung Pendem dengan memberikan bantuan program penebaran benih ikan.

“Saya mewakili Pemdes Pendem sangat berterima kasih kepada Disnakan Magetan dimana telah memberikan program penebaran benih ikan di embung pendem sehingga nanti nya bisa menjadi penambah daya tarik wisata. Untuk memastikan kelestarian benih ikan ini kita pastikan dalam 3 sampai 4 bulan kedepan Embung Pendem kita tutup dulu untuk pemancing.(niel/red)

  • Bagikan
Exit mobile version