PAD Belum Jelas, Kebun Refugia Digerojok Anggaran Rp 3,2 Miliar

29

MAGETAN (LensaMagetan.com)-Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum jelas, Kebun Wisata Refugia tepatnya yang berada di jalan raya Plaosan-Sarangan justru akan digelontor anggaran lagi pada tahun 2020 ini sebesar Rp 3,2 Miliar oleh Pemkab Magetan.

Tak jelasnya PAD pada obyek wisata tersebut,dikarenakan dari awal dibukanya kebun wisata itu pada tahun lalu sampai dengan saat ini, belum terbit Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai restribusinya.

“Perda restribusi belum ada, jadi adanya tiket itu untuk ditukarkan sayuran,”kata Edi Suseno Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan.

Selain itu Edi juga menjelaskan,sampai dengan saat ini belum bisa menghitung nominal PAD dari wisata Kebun Refugia karena harus menghitung secara total penjualan hasil panen dari tanah Pemkab Magetan yang salah satunya adalah sayuran yang ditukar tiket di Kebun Refugia.

“Kita belum bisa mengevaluasi hasil PAD karena harus menghitung penjualan semua hasil panen di 12 hektar tanah milik Pemkab Magetan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kebun Wisata Refugia Magetan mulai dibuka pada akhir Bulan Oktober tahun 2019 lalu. Tiket masuknya, Pemkab Magetan mengenai biaya Rp 10 ribu rupiah untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu rupiah untuk anak-anak yang kemudian tiket itu ditukarkan sayuran.

Untuk tahap awal Pembangunannya Pemkab mengucurkan angka anggaran Rp 1 Miliar lebih, yang rencananya akan ditambah lagi Rp 3,2 Miliar pada tahun 2020 ini.(ton)