Musrenbang RKPD, Gubernur Kofifah Ajak Semua Pihak Kolaborasi Majukan Magetan

12

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, Rabu (11/3).

Namun, untuk kali ini ada yang berbeda, bertempat di Pendopo Surya Graha (PSG) Kabupaten Magetan, Musrenbang dalam rangka menyusun RKPD Kabupaten Magetan tahun 2021, di hadiri secara langsung oleh Gubernur JawaTimur Kofifah Indar Parawansa.

Gebernur mengatakan, Magetan adalah Kabupaten yang terdapat banyak potensi. Seperti halnya Lingkungan Industri Kulit (LIK) yang perlu kita benahi agar semakin baik.

“LIK ini punya limbah, apabila keluarnya limbah setelah diolah ini tidak jernih dampaknya tentu kepada lingkungan sekitar. Maka dari itu akan kita perbaiki IPAL nya, “kata Kofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Rabu (10/3).

Bupati Magetan Suprawoto Saat Memberikan Sambutanya.

Kofifah mengajak kepada semua pihak untuk saling bekerjasama dalam mensukseskan Pembangunan Magetan disemua bidang, sesuai tema pada Musrenbag RKPD tahun 2021 kali ini yakni peningkatan produktivitas usaha ekonomi produktif melalui triple agro, gaitu Agro Wisata, Agro Industri, dan Agro Bisnis.

“Setuju tidak setuju kita harus berkolaborasi untuk mewujudkanya, karena arah kebijakan pembangunan harus menyambung segaris dari pusat ke daerah, harus ada benang merah dan tidak boleh masing-masing daerah menterjemahkan sendiri, “ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Bupati Magetan Suprawoto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat desa, Kecamatan sampai Kabupaten.

Karena menurutnya, untuk membangun Magetan terdepan, dibutuhkan kontribusi dan partisipasi semua pihak, terutama seluruh warga Magetan.

“Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Magetan ini, diharapkan bisa disepakati rumusan yang akan digunakan sebagai masukan untuk membuat rancangan RKPD dan rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah, “terangnya.

Selain itu lanjut Suprawoto, dengan sudah disepakatinya bersama Musrebang RKPD tersebut, Pemkab Magetan bisa segera mewujudkan RKPD dimana arah kebijakanya pada tahun 2021 ini diprioritaskan pada peningkatan produktivitas usaha ekonomi melalui Triple Agro.

“Tahun 2021 nanti kita prioritaskan pada peningkatan produktivitas usaha ekonomi produktif melalui triple agro, yaitu Agro Wisata, Agro Industri, dan Agro Bisnis, yang tentunya program kegiatan itu pendanaanya dari APBD Kabupaten, APBD Propinsi maupun APBN,”pungkasnya. (ton)