“QRIS”, Cara Bayar Kekinian di RSUD Dokter Sayidiman Magetan

26

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Kehadiran sistem pembayaran yang sarat akan teknologi terus berkembang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Sayidiman Magetan.

Salah satunya adalah, sistem pembayaran dengan teknologi QRIS  (Quick Response Code Indonesia Standard) atau standarisasi pembayaran secara digital yang dipastikan bakal menjadi cara bayar modern, karena lebih praktis dan efisien sebab pasien tidak perlu lagi membawa uang cas saat melakukan pembayaran di RSUD.

“Untuk mempermudah pembayaran pasien kita bekerjasama dengan Bank meluncurkan QRIS ini, hanya dengan memakai mobile banking di smartphone, pasien bisa melakukan pembayaran sehari maksimal Rp 25 juta, “kata Dokter Catur Widayat Direktur RSUD dr. Sayidiman Magetan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Keuangan RSUD Dokter Sayidiman Magetan, Kusni Slamet Raharjo, Minggu (12/7).

Kusni Slamet Raharjo menjelaskan, cara melakukan pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sangatlah mudah.

Pembayaran Menggunakan “QRIS” di RSUD Dokter Sayidiman Magetan.

Cukup dengan klik mobile banking, kemudian masuk menu pembayaran dengan QR, lalu dilanjutkan memindai (scan) QR Code yang sudah disiapkan di kasir RSUD.

Bila Scan QR Code sukses, otomatis saldo di rekening mobile bangking akan terpotong dan pihak kasir akan mengeluarkan bukti struk pembayaran pasien.

“Untuk QR Code sudah kita siapkan di tiga tempat. Untuk menjaga keamanan, sekali Scan atau transaksi kita buat Rp 2 juta rupiah, jadi kalau misalnya pembayaran Rp 8 Juta harus empat kali sukses Scan QR Code,”ujarnya.

Kusni Slamet Raharjo mengungkapkan, meskipun cashless society (masyarakat tanpa uang tunai) sudah sejak lama digunakan seperti kartu debit atau kartu kredit dengan cara manual, yakni dengan menggesek kartu ke mesin EDC (Electronic Data Capture).

Namun, dengan adanya teknologi QRIS dirinya berharap, pasien RSUD dr. Sayidiman akan lebih dimudahkan dalam pembayaran hanya dengan menggunakan smartphone tanpa memakai kartu atau alat lainya.

“Harapan kami teknologi QRIS ini bisa dimanfaatkan oleh pasien atau keluarga pasien dalam pembayaran di RSUD dr Sayidiman, karena sangat mudah dan cepat, “pungkasnya. (ton)