Cegah Penularan Covid-19 di Libur Nataru, Satgas Covid Jaga Ketat Perbatasan

1637

LENSA MAGETAN- Meminimalisir penularan Covid-19 menjelang libur natal dan tahun baru, satuan tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Magetan memasang alat semprot disinfektan di Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan,Senin (21/12).

Alat semprot dengan skala lumayan besar itu digunakan untuk mensterilkan para pengunjung wisata yang biasanya keluar masuk melewati Cemoro Sewu yang tepatnya berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Jelang Nataru di Cemoro Sewu kita pasang alat semprot tepatnya di pintu masuk perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, kita dirikan pos dan juga alat-alat pendukung lainya,” kata Ketua Pelaksana Satgas Covid Kabupaten Magetan, Ari Budi Santosa, Senin (21/12).

Ari menjelaskan, selain disemprot dengan disinfektan, pengunjung luar daerah yang masuk Magetan bakal diperiksa secara ketat, serta wajib melakukan rapid tes.

“Kalau pemeriksaan benar itu adalah warga luar Magetan, akan kita minta rapid tes,” ujarnya.

Ari mengungkapkan, mulai tanggal 21 Desember 2020, Satgas Covid-19 bekerjasama dengan Kepolisian akan mulai melakukan pemeriksaan kepada pengendara yang keluar masuk di pintu perbatasan. Hal itu dikarenakan Cemoro Sewu Sarangan biasanya adalah tujuan berwisata warga Jawa Tengah dan Jawa Timur saat libur tiba.

” Pemeriksaan akan kita mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021. Kita perkirakan puncak pengunjung terjadi pada tanggal 1Januari 2021, kami tetap menghimbau agar masyarakat tetap di rumah saja saat libur Natal dan tahun baru ini,” pungkasnya.(ton)