Cari Informasi Awal, Tim Pemeriksa Khusus Inspektorat Turun Ke Desa Taji

1181

LENSA MAGETAN- Periksa kebenaran kabar permasalahan Kasun Selawe Desa Taji, Kecamatan Karas yang diminta mengembalikan sisa uang kelebihan pembangunan jalan tembus sawah tahun 2019, Inspektorat Kabupaten Magetan menurunkan tim pemeriksaan khusus di Desa Taji, Rabu (6/1).

Pemeriksaan awal itu, tim inspektorat secara langsung memeriksa beberapa bangunan proyek dan meminta beberapa dokumen penting yang digunakan untuk kepentingan pemeriksaan.

“Informasi awal kita baru melihat 4 titik bangunan fisik, tapi hanya sebatas melihat dulu kemudian kita minta juga data-data penting seperti APBDes 2019 dan APBDes 2020 yang baru disiapkan,” kata Herman Ketua Tim Pemeriksa Khusus Inspektorat Kabupaten Magetan, Rabu (6/1).

Herman menjelaskan, dimintanya APBDes 2019 dan 2020 kepada Pemerintah Desa Taji tersebut untuk memeriksa dengan jelas mengenai kegiatan yang sudah dikerjakan sesuai dengan RAB dan juga mekanismenya.

“Dari APBDes 2019-2020 tersebut nanti didalamnya kita lihat RAB dan gambarnya seperti apa, mekanisme pencairanya seperti apa, disitu nanti bisa kita pantau dengan jelas,” ujarnya.

Herman mengungkapkan, setelah nantinya data-data dan dokumen pendukung sudah lengkap, pihaknya juga akan memintai keterangan beberapa pihak yang masuk atau terlibat dalam permasalahan tersebut.

“Langkah selanjutnya kita akan memintai keterangan beberapa pihak, bisa Kepala Desa,bisa Perangkat Desa yang lain. Untuk memberikan solusi yang terbaik untuk permasalahan ini,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, buntut mengerjakan proyek bahu jalan sawah tahun 2019 lalu, Kasun Selawe diminta mengembalikan sisa uang pembangunan sebesar Rp 35 juta dari pagu anggaran total Rp 60 juta rupiah.

Selain itu, sebagai sanksi, Kasun Selawe bersama istri juga diwajibkan meminta maaf kepada warga desa Taji dengan membawa oleh-oleh. Serta juga diminta membangun sejumlah fasilitas umum (Fasum) desa seperti pembangunan jalan, pengadaan lampu jalan dan lainya dengan nilai Rp 139 juta.(ton)