Tunggu Disposisi Bupati, DPMD Akan Cek Semua Kegiatan di Desa Taji

398

LENSA MAGETAN– Dalami permasalahan Kasun Selawe Desa Desa Taji, Kecamatan Karas yang diminta mengembalikan sisa uang kelebihan pembangunan jalan tembus sawah tahun 2019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menurunkan tim pemeriksaan khusus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, saat ini Camat Karas sudah mengirimkan surat kepada Bupati Magetan yang ditembuskan kepada PMD dan Inspektorat.

“Kita masih menunggu disposisi dari pak Bupati karena Camat laporannya ke pak Bupati tembusannya ke DPMD. Saya akan turunkan tim. Bukan hanya satu itu saja yang saya cek, kalau saya maunya semua saya cek. Desa banyak kegiatan, nanti kita lihat hasilnya seperti apa. Kalau ditemukan kejanggalan kita bentuk tim pemeriksaan khusus dengan inspektorat,” jelasnya.

Eko mengungkapkan, masih belum bisa menjelaskan permasalahan apa yang terjadi di Desa Taji Kecamatan Karas, maka dari itu DPMD harus turun langsung untuk mendalaminya.

“Kalau saya belum turun, saya tidak tahu ini termasuk kesalahan administrasi atau ada pelanggaran lainnya. Kita akan turun dulu Potretnya real seperti apa, ada maslaah apa. Setelah itu kita bikin hipotesa kita laporkan ke pak Bupati. Kalau hipotesa saya hanya mal administrasi ya kita betulkan mal administrasinya. Tapi kalau ada dugaan pelanggaran nanti kita fedbackan ke inspektorat untuk melakukan riksus ulang. Jadi kami nanti sifatnya pemeriksaan awal,” terangnya.

Sebagai informasi, di berita sebelumnya, buntut mengerjakan proyek bahu jalan sawah tahun 2019 lalu, Kasun Selawe diminta mengembalikan sisa uang pembangunan sebesar Rp 35 juta dari pagu anggaran total Rp 60 juta rupiah.

Tak hanya itu, sebagai sanksi Kasun Selawe bersama istri juga diwajibkan meminta maaf kepada warga desa Taji dengan membawa oleh-oleh. Serta diminta membangun sejumlah fasilitas umum (Fasum) desa seperti pembangunan jalan, pengadaan lampu jalan dan lainya dengan nilai Rp 139 juta.

Dimana, kata Kepala Desa Taji Sigit Supriyadi itu semua adalah permintaan dari warga desa Taji saat diadakan rapat bersama Perangkat Desa yang dihadiri RT, RW, BPD tokoh masyarakat dan undangan lainya.(ton)