Tiga Jam Diperiksa Inspektorat, Kades Taji Dicecar 19 Pertanyaan

1564

LENSA MAGETAN- Setelah 9 Perangkat Desa dipanggil dan dimintai keterangan oleh Inspektorat Magetan, hari ini Kepala Desa Taji Sigit Supriyadi juga diperiksa oleh pemeriksa khusus Inspektorat Magetan, Senin (11/1).

Selama kurang lebih tiga jam, Kades Taji diperiksa dan diberikan belasan pertanyaan oleh tim pemeriksa wilayah III, mulai pukul 08.00 Wib di Kantor Inspektorat Jalan Tripandita Kabupaten Magetan.

“Kades Taji sudah selesai jam 11.00 Wib, tadi ada 19 pertanyaan,”kata Herman Ketua Pemeriksa Khusus Inpektorat Kabupaten Magetan saat dihubungi Lensa Magetan via WhatsApp, Senin (11/1) sore.

Herman menjelaskan, setelah diperiksanya Kades Taji pada pagi ini, diteruskan juga dipanggilnya Kepala Dusun (Kasun) Selawe pada siang harinya sekitar pukul 13.00 Wib.
“Selanjutnya nanti kita juga panggil Kasun Selawe,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, diperiksanya perangkat desa dan juga Kepala Desa Taji tersebut adalah buntut dari dimintanya Kasun Selawe mengembalikan sisa uang pembangunan bahu jalan sawah desa tahun 2019 lalu sebesar Rp 35 juta dari pagu anggaran total Rp 60 juta rupiah.

Ironisnya, bak jatuh tertimpa tangga, setelah mengembalikan uang Rp 35 juta itu Kasun masih diberikan sejumlah sanksi yang diluar logika, yakni bersama istrinya meminta maaf kepada warga desa Taji dengan membawa oleh-oleh. Serta juga diminta membangun sejumlah fasilitas umum (Fasum) desa dengan nilai Rp 139 juta dengan menandatangani surat pernyataan.(ton)