Peringati HPSN 2021, Gabungan Bank Sampah Launching Program Donasi Minyak Jelantah

253

LENSA MAGETAN– Untuk mempringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, gabungan berbagai Bank Sampah di Kabupaten Magetan, komunitas sahabat alam, dan sejumlah relawan lainya melaunching program donasi minyak jelantah untuk lingkungan yang bersih, sehat dan berkah, Minggu (21/2).

Bertempat di Bank Sampah Dukuh Jetis, Desa/Kecamatan Ngariboyo acara tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan Suprawoto beserta istri, Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, Kepala Dikpora Magetan, Suwata, Camat Ngariboyo Kepala Desa Ngariboyo dan juga beberapa perwakilan dari berbagai Bank Sampah di Kabupaten Magetan.

Ketua Panitia acara HPSN Antik Purwantini mengatakan, program donasi minyak jelantah yang digagasnya bersama para relawan di Kabupaten Magetan adalah salah satu ide mengurangi pencemaran lingkungan dari minyak jelantah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

“Meski minyak jelantah ini bukanlah limbah berbahaya, tapi kalau dibuang sembarangan pasti merusak lingkungan. Maka dari itu kita kumpulkan dan kita jual untuk di buat bio diesel, hasilnya nanti kita gunakan untuk membantu warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Antik menjelaskan, program donasi minyak jelantah ini dilakukan secara serentak di Kabupaten Magetan, artinya warga masyarakat dari pada membuang minyak jelantahnya lebih baik dijual ke Bank Sampah di daerahnya agar lebih berguna.

Bupati Magetan Suprawoto Bersama Jajaranya dan Juga Panitia Cara Program Launching Donasi Minyak Jelantah.(Anton/Lensa Magetan)

“Minyak jelantah bisa di donasikan ke Bank Sampah di daerahnya masing-masing. Bila program ini berjalan dengan baik kita akan tahu berapa jumlah sampah minyak (minyak jelantah ) yang dihasilkan oleh masyarakat di Kabupaten Magetan setiap bulanya,” ujarnya.

Sementara itu, melihat semangat para relawan Bank Sampah di Kabupaten Magetan, serta sejumlah relawan lainya yang selalu berjuang demi lingkunganya. Bupati Magetan Suprawoto memberikan dukungan penuh atas semua yang sudah dilakukan para relawan demi Kabupaten Magetan.

“Kami mendukung penuh program ini. Kita akan gerakan semua OPD untuk ikut program ini, setiap OPD akan ada geligen untuk menampung minyak jelantah dari para pegawai agar bisa dikelola relawan,” terangnya.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua relawan yang sudah berbuat demi Magetan tanpa mengharapkan sesuatu.

” Saya ucapkan terimakasih banyak, di tangan kalian barang yang jelek bisa menjadi berguna, di tangan kalian barang berbahaya bisa berubah menjadi barang yang bermanfaat, sekali lagi saya ucapkan terimakasih semoga apa yang sudah kalian perbuat mendapatkan berkah oleh Allah SWT,” tutup Bupati Magetan.(ton)