Wakili Kecamatan Bendo, Pemdes Duwet Ikuti Lomba Desa Berseri Tahun 2021

264

LENSA MAGETAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Duwet, Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan kedatangan tim penilai lomba desa berseri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Selasa, (16/03/2021).

Dengan didampingi oleh Perwakilan DLH Kabupaten Magetan, kedatangan tim penilai lomba desa berseri dari Jatim ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi lapang berseri di tingkat Provinsi dengan Kategori Madya kepada Pemdes Duwet yang mewakili Kecamatan Bendo dalam lomba desa berseri pada Tahun 2021 ini.

Dalam giat ini, Kepala Desa Duwet didampingi oleh Forkopimca meliputi Camat Bendo, Kapolsek Bendo, Danramil serta seluruh Perades, beserta Tim PKK Desa, Karangtaruna Desa turut menyambut kedatangan tim penilai lomba desa berseri.

Kepala Desa Duwet Gunawan mengatakan, bahwa dalam persiapannya mewakili Kecamatan Bendo dalam lomba desa berseri ini, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin seperti melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman berbagai tanaman hidup dan juga mendirikan posko untuk pengelolaan sampah baik sampah basah maupun kering.

Selain itu, dirinya juga mengaku bahwa sudah mempersiapkan tim-tim yang akan bertugas untuk mengawal dan mengantar tim DLH Jatim dalam melaksanakan penilaian di Desa Duwet.

“Harapan kami selaku Pemdes, meskipun semua persiapan ini kami lakukan secara mendadak bisa mendapatkan nilai yang bagus, dan semoga nanti juga disikapi oleh tim penilai bahwa nanti sudah ada petugas dari kami yang siap mengawal tim dalam meninjau bak sampah, pembibitan, tanaman lingkungan hingga ke lahan-lahan kritis yang sudah kami hijaukan dengan tanaman bringin dan juwet, “ungkapnya.

Sementara itu disisi lain, Camat Bendo Muryani S.Sos mengungkapkan bahwa Pemdes Duwet dipercaya mampu dalam mewakili wilayahnya dalam mengikuti lomba desa berseri ini. Dirinya meyakini bahwa seluruh Kader yang berada di Pemdes Duwet sudah terlatih dikarenakan Pemdes Duwet sendiri dijadikan sampel dalam Kampung Tangguh Semeru (KTS).

“Insyallah saya sangat yakin, selain semua kader yang ada disini sudah terlatih dalam segala kegiatan-kegiatan, juga ada dukungan dari Lembaga utamanya seperti BPD dan sebagainya sangat mensupport jadi insyaallah sudah bisa mewakili Kecamatan Bendo, “katanya.

Muryani menjelaskan, bahwa sebelum penilaian hari ini, Pemdes Duwet sudah terlebih dahulu lolos dalam penilaian lomba desa berseri kategori Pratama. Karena dinyatakan lolos itulah maka pada hari ini dilanjutkan untuk penilaian dalam kategori yang lebih tinggi yaitu kategori Madya, dan apabila ini dinyatakan lolos, maka akan melanjutkan kembali untuk ikut dalam kategori Mandiri.

Ditempat yang sama Plt.Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan Eni kepada lensamagetan.com mengatakan bahwa tujuan dari adanya lomba desa berseri ini adalah untuk menumbuhkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungannya.

Dijelaskannya bahwa pengelolaan itu tidak hanya kerapian atau penghijauan tetapi juga untuk pengelolaan sampahnya. Kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Desa/Kelurahan yang memiliki komitmen untuk ikut serta dalam pengelolaan lingkungan.

Selain itu, dirinya juga menerangkan bahwa aspek yang dinilai dalam lomba ini meliputi penyediaan ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah, kemudian ada juga regulasi-regulasi di Desa/Kelurahan seperti Perdes atau SK Kepala Desa terkait pengelolaan lingkungan.

“Karena ini masih masa pandemi maka kami tambahkan satu aspek penilaian lagi yakni terkait penerapan protokol kesehatan di Desa/Kelurahan, ” imbuhnya.

Sebagai informasi, kali ini tim DLH Provinsi Jatim melakukan penilaian Lomba Desa Berseri kepada sebanyak 6 Desa/Kelurahan yang meliputi 2 Desa dalam penilaian Kategori Pratama, 2 Desa Kategori Madya serta 2 Kelurahan Kategori Mandiri di Kabupaten Magetan. (nda/ton)

Jurnalis: Nanda Bagoes