Gagal Dapat Santunan Kemensos, Ahli Waris Pasien Meninggal Covid-19 Ganti Terima Ini

1458

LENSA MAGETAN- Sempat kecewa karena santunan untuk keluarga korban meninggal karena Covid-19 ditiadakan oleh Kementrian Sosial (Kemensos), warga Jawa Timur termasuk Kabupaten Magetan ternyata masih sangat diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi.

Bentuk perhatian itu adalah warga yang meninggal karena Covid-19 dan gagal menerima santunan dari Kemensos akan diberikan santunan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan anggaran per ahli waris Rp 5 juta rupiah. Sedangkan untuk Kabupaten Magetan pada tahap pertama akan diutamakan untuk 20 data yang sudah masuk ke Kementrian.

” Iya benar ini memakai anggaran Provinsi, tapi untuk Kabupaten Magetan tahap pertama ini kita selesaikan dulu sebanyak 20 data warga yang sudah masuk ke Kemensos kemarin,” kata Yayuk Sri Rahayu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Jumat (19/3).

Yayuk menjelaskan, setelah data 20 santunan itu disalurkan, Dinsos Kabupaten Magetan baru akan mulai mendata warga yang meninggal karena Covid-19 untuk diajukan pemberian santunan tahap kedua kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Kalau yang 20 ini sudah selesai kita lakukan pendataan lagi, dan kemudian kita usulkan ke Pemprov Jatim, ” ujarnya.

Yayuk menegaskan, mengenai santunan tersebut Dinsos Kabupaten Magetan hanya sebatas mengusulkan atau mengajukan data kepada Dinsos Provinsi Jawa Timur. Mengenai masalah waktu pencairan dan berapa warga yang akan menerima, semua tergantung kemampuan anggaran Provinsi Jawa Timur.

“Masalah pencariannya kapan, itu semua tergantung Pemerintah Provinsi, karena itu adalah anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tutupnya.(ton)