Dampingi Menpan- RB, Gubernur Jatim Kofifah Apresiasi ADM dan QRIS di Magetan

61

LENSA MAGETAN – Dampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo saat melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) Magetan, Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa berikan apresiasi pada Pemkab Magetan.

Gubernur mengatakan, untuk memberikan pelayanan yang cepat untuk masyarakat, Kabupaten Magetan telah melakukan berbagai terobosan-terobosan yang salah satunya dengan didirikannya MPP yang didalamnya ada Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang pertama kali ada di Jawa Timur.

“MPP ini adalah hasil inisiasi Bapak Bupati Magetan yang di dalamnya memberikan layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang pertama kali ada di Jawa Timur atau bahkan pertamakali di Indonesia,” kata Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa, Senin (5/4).

Gubernur menjelaskan, dengan adanya ADM tersebut masyarakat bisa lebih cepat dan mudah dalam mendapatkan administrasi kependudukan, yang bisa langsung di cetak.

“ADM ini layanannya sangat banyak, dulu juga sempat banyak yang kaget, kok Anjungan Dukcapil Mandiri ini bisa ada di Kabupaten Magetan,” ujarnya.

Selain mengapresiasi ADM, Gubernur juga menyinggung sudah adanya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di toko atau kios di Magetan untuk melakukan pembayaran restribusi di Kabupaten Magetan yang mungkin bisa di contoh daerah-daerah lain di luar Magetan.

“Saya juga sempat lihat-lihat toko-toko di Kabupaten Magetan sudah pada pakai QRIS, jadi pembayaran restribusi tidak cas lagi, semua tinggal klik dan ini bisa jadi semangat Kabupaten dan kota Madiun untuk membuat MPP dengan varian-varian yang lebih terintegrasi, mudah diakses dan makin cepat dirasakan masyarakat,” terangnya.

Gubernur berharap, dengan adanya layanan ADM dan QRIS tersebut semua masyarakat bisa dilayani dengan baik dan cepat sesuai Tagline Provinsi Jawa Timur yakni Cepat, efektif, efisien, transparan, akuntabel dan responsif (Cetar).(ton)