Antisipasi Arus Mudik, Polres Magetan Lakukan Penyekatan di Perbatasan

3620

LENSA MAGETAN- Untuk mengantisipasi arus mudik atau liburan jelang lebaran, Polres Magetan akan melakukan berbagai penyekatan didaerah perbatasan masuk Kabupaten Magetan.

Disela-sela proses pemusnahan miras di halaman Mapolres Magetan, Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana mengatakan, penyekatan atau penjagaan akan dilakukan pada titik tertentu untuk mengantisipasi orang-orang luar daerah yang akan masuk ke Kabupaten Magetan saat situasi pandemi seperti sekarang ini.

“Kita akan fokus pada titik penyekatan di perbatasan Jawa Tengah, dan sejumlah perbatasan kecil yang perlu kita antisipasi untuk mencegah mobilisasi orang luar yang akan masuk ke Magetan,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, penyekatan tersebut dilakukan bersamaan dengan diadakannya sejumlah operasi pada bulan ramadhan ini, yakni operasi keselamatan Semeru dan juga operasi ketupat 2021.

“Hari ini kita mulai operasi keselamatan Semeru, untuk menertibkan masyarakat masalah protokol kesehatan Covid-19, dan juga keselamatan berlalulintas. Kemudian nanti dipertengahan bulan ramadhan kita gelar operasi ketupat,” jelas Kapolres AKBP Festo Ari Permana, Senin (12/4).

Kapolres mengungkapkan, dalam penyekatan tersebut anggotanya akan fokus pada tujuan para pengendara masuk ke Magetan serta memeriksa berbagai kelengkapan surat-surat.

Bila ditemukan pengendara yang melanggar ketentuan, polisi secara langsung akan memerintahkan pengendara untuk putar balik dan dilarang masuk ke Magetan.

“Kita akan monitoring, apa tujuan pengendara berkunjung ke Magetan, kemudian kita akan periksa surat-suratnya seperti surat bebas Covid-19 dan juga kondisi kesehatan pengendara. Bila syarat dan ketentuan pengendara tidak tercukupi akan kita suruh putar balik,” tutupnya.(ton)