Dikpora Pastikan Ujian SD Dilakukan Secara Tatap Muka

214

LENSA MAGETAN – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Magetan pastikan ujian sekolah untuk Sekolah Dasar (SD) menuju ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dilakukan secara tatap muka.

Ujian akan dilakukan pada bulan Mei mendatang, setelah sebelumnya ujian yang sama secara tatap muka sukses digelar pada jenjang SMP ke SMA pada bulan ini.

“Ujian sekolah untuk SD akan kita gelar secara tatap muka pada bulan Mei mendatang. Selain untuk pemetaan mutu juga sebagai pemahaman terhadap peserta didik agar punya tanggung jawab secara individu dan tidak selalu mengharapkan bantuan orang tua,” kata Suwoto Kepala Dikpora Magetan, Senin (19/4).

Suwoto menjelaskan, pembelajaran secara tatap muka tersebut juga sebagai tindak lanjut dari SKB4 Menteri bahwa untuk pembelajaran tatap muka (PTM) harus dilakukan paling lambat pada awal tahun pembelajaran baru yakni bulan Juli 2021.

Bahkan, untuk daerah-daerah yang sudah memenuhi syarat, baik tenaga didik dan sarana dan prasarana (sarpras) yang sesuai pengumuman SKB4 Menteri boleh melakukan tatap muka sebelum awal tahun ajaran baru.

“Daerah yang sudah siap boleh melakukan PTM sebelum awal tahun ajaran baru, seperti sudah didukung sarana dan prasarana seperti ada tempat cuci tangan, hand sanitizer, thermo gun, dan juga tenaga pendidik yang sudah di vaksin,” terangnya.

Suwoto berharap, ujian secara tatap muka ditingkat SD di bulan Mei 2021 nanti bisa berjalan dengan lancar, seperti ujian yang digelar di tingkat SMP.
“Alhamdulilah ujian secara tatap muka di tingkat SMP sukses digelar dan aman. Semoga untuk SD nanti juga sukses,”tutupnya.(ton/ADV)