Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Gelar Pembinaan Perawat Ponkesdes

88

LENSA MAGETAN – Tingkatkan kinerja para perawat di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan menggelar Pembinaan Perawat Ponkesdes Kabupaten Magetan Tahun 2021,Selasa (20/4).

Bertempat di gedung Korpri Kabupaten Magetan, acara pembinaan itu diikuti 107 perawat Ponkesdes di seluruh desa di Kabupaten Magetan. Untuk merencanakan program tahun ini dan melakukan evaluasi kinerja tahun lalu.

“Pembinaan perawat Ponkesdes ini adalah kegiatan rutin kami untuk mengevaluasi kinerja perawat pada tahun kemarin dan merencanakan program kerja di tahun 2021 ini,” kata Retnowati Hadirini Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Selasa (20/4).

Retnowati Hadirini Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Bersama Narasumber.(Anton/Lensa Magetan)

Retno menjelaskan, di dalam Ponkesdes di 107 desa di Kabupaten Magetan terdapat satu perawat dan satu bidan yang harus bisa dekat dengan masyarakat serta lebih responsif terhadap segala permasalahan kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Ponkesdes ini ikon Gubernur untuk lebih mendekatkan akses kesehatan bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi dan mengantisipasi permasalahan kesehatan di tingkat paling bawah,” ujarnya.

Retno berharap, dengan adanya pembinaan rutin tersebut, kedepan kinerja para perawat di Ponkesdes bisa lebih baik, sehingga untuk pelayanan kesehatan di tingkat paling bawah bisa semakin maksimal.

“Harapan kami dengan adanya pembinaan ini kinerja temen-temen semakin optimal. Tidak hanya pada pelayanan kesehatan seperti pengobatan dan lainya, tapi juga pada upaya kesehatan masyarakatnya dengan mengajak semua masyarakat mengenali permasalahan kesehatan dan bersama-sama mencari solusinya,” tutupnya. (ton)