Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Jelang Lebaran, Pemkab Sekat Perbatasan

158

LENSA MAGETAN – Pastikan proses penyekatan di perbatasan untuk mengantisipasi pemudik berjalan lancar, Bupati Magetan didampingi jajaran Forkompinda Magetan memantau langsung lokasi penyekatan larangan mudik 2021 di wilayah Cemorosewu, Kecamatan Plaosan Kamis (6/5).

Lokasi penyekatan secara ketat dimulai pada hari ini tanggal 6 – 17 Mei 2021. Dipilihnya Comorosewu karena memang wilayah tersebut adalah jalur penghubung antara Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mempunyai mobilitas yang tinggi untuk digunakan para pemudik.

“Hari kita lakukan peninjauan titik penyekatan di Cemorosewu yang sudah di planning oleh Mabes Polri,” kata Suprawoto Bupati Magetan, Kamis (6/5).

Bupati menjelaskan, dilaksanakannya penyekatan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penularan Covid-19, dimana pada pengalaman tahun lalu saat liburan terjadi peningkatan pasien Covid-19 hingga 100 persen.

“Penyekatan ini merupakan tindak lanjut instruksi pemerintah yakni Presiden terkait pelarangan mudik, untuk mencegah agar virus tidak menyebar apalagi sudah ada varian baru dari India, Afrika dan Inggris, karena virus yang sudah mutasi itu akan lebih ganas,” ujarnya.

Bupati mengucapakan permintaan maaf pada seluruh masyarakat Kabupaten Magetan, karena penyekatan itu adalah kebijakan Pemerintah yang harus berjalan selaras dari pusat sampai Kabupaten.

“Saya minta maaf, Pemerintah bukan tidak mau melayani masyarakat tapi justru melindungi, dari penyebaran virus yang selama ini sudah nyata dan kita harus belajar dari India,” tutupnya.(ton)