Sering Diingatkan DPUPR, Proyek Drainase Jalan A.Yani Masih Abaikan K3

38

MAGETAN – Pekerjaan peningkatan saluran drainase jalan A. Yani, Kabupaten Magetan yang mulai dikerjakan awal bulan Juli 2021 terlihat masih belum menerapkan Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan (K3) pekerja, Rabu (14/07).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan melalui Bidang Cipta Karya menjelaskan, pihak kontraktor sudah diingatkan beberapa kali tetapi sampai sekarang belum sepenuhnya melaksanakan K3 tersebut.

“Saya sudah mengingatkan beberapa kali mas, tetapi masih belum dilaksanakan juga sampai sekarang terkait K3 tersebut, soalnya sudah masuk dalam anggaran,” kata Rokhmat Zainuddin Kepala Bidang Cipta Karya Kabupaten Magetan.

Selain itu, lanjut Rokhmat, DPUPR tidak hanya mengingatkan masalah K3, tetapi juga mengingatkan agar penempatan material jangan sampai mengganggu pengguna jalan, karena pada saat PPKM Darurat ini jalan sangat minim penerangan. Tapi kenyataan di lapangan, penempatan material masih saja di bahu jalan dan membahayakan pengguna jalan.

Sementara itu, di tempat yang berbeda, melalui pesan Whatsapp, Hari dari CV. Kiand selaku konsultan pengawas pekerjaan tersebut mengaku, sudah berulang kali mengingatkan terkait penerapan K3 pada proyek tersebut.

Namun, sampai dengan saat ini masih belum tampak dilaksanakan, karena para pekerja terlihat belum memakai perlengkapan K3 ditambah masker untuk mencegah penularan Covid-19.

“Saya sudah berulang kali mengingatkan agar pelaksanaan K3 terwujud, akan tetapi masih membandel dan hari ini akan saya layangkan surat peringatan resmi mas .” ujarnya.

Sebagai informasi, Pekerjaan Peningkatan Saluran Drainase Jl. A. Yani Kabupaten Magetan tersebut menyerap anggaran dari APBD Kabupaten Magetan sebesar Rp. 308.175.687, dimana proyek tersebut dikerjakan oleh CV. Dea Kontraktor dengan Konsultan Pengawas CV.Kiand.(niel)