Kebutuhan Oksigen Meningkat Dratis, Ini Yang Dilakukan RSUD dr Sayidiman Magetan

175

MAGETAN – Kebutuhan Oksigen untuk pasien meningkat tiga kali lipat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sayidiman Magetan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pasokan oksigen.

Mulai dari menggandeng berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga dan Instansi lainya, RSUD dr Sayidiman Magetan juga berusaha menambah supplier oksigen agar distribusi oksigen untuk pasien tetap tercukupi.

“Yang kita tidak punya itu kendaraanya, kita pernah pinjam truk ke Polres Magetan, kemudian pick up dari DPUPR, Perkim dan juga instansi lainya. Terus untuk mensiasati agar oksigen tidak telat selain mengambil oksigen di Samator kita juga mengambil di Supplier lain di Kawedanan, ” kata Plt Direktur RSUD dr Sayidiman Magetan drg. Ratnawati melalui Kepala Bidang Penunjang Emy Indriaswati, Kamis (22/7).

Emy menjelaskan, meskipun sudah ada dua Supplier oksigen di RSUD dr Sayidiman Magetan, namun karena minimnya sumber daya manusia (SDM) dan juga kendaraan, oksigen diambil secara bertahap sesuai kemampuan kendaraan yang ada. Bahkan RSUD dr Sayidiman juga pernah meminta bantuan oksigen dari Lanud Iswahjudi Maospati dan juga CSR dari Petrokimia.

” Pokoknya segala cara kita lakukan agar oksigen tetap ada,” ujarnya.

Emy mengungkapkan, untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan oksigen di RSUD dr Sayidiman dirinya akan berusaha membuat tim khusus yang bertugas mengambil oksigen dari semua Supplier.

Selain itu, RSUD juga berencana akan membuat generator oksigen agar bisa memproduksi oksigen sendiri sesuai dengan anggaran yang ada.

“Alternatif tercepat untuk mendapatkan oksigen untuk saat ini adalah menambah Supplier, di Kawedanan itu kami anggap Supplier kedua setelah Samator. Kemudian kedepan kita akan mengadakan Generator oksigen, jadi kita bisa buat oksigen sendiri, bahkan bisa membantu Puskesmas-puskesmas di Magetan,” tutupnya.(ton)