Progam P2L KWT Asri Murni, Upaya Penuhi Kebutuhan Pangan Saat Pandemi

139

MAGETAN – Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Magetan yang diusung oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian terbukti mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Kegiatan itu juga sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) “Asri Murni” yang berada di lingkungan RW 004 Perumahan Taman Asri, Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan

Ketua KWT Asri Murni, Ani Febriani mengatakan, KWT Asri Murni yang dibentuk tahun 2020 ini sangat bermanfaat untuk seluruh anggotanya, sehingga semua anggota bisa merasakan manfaat yang mereka dapatkan melalui berbagai program yang mereka adakan.

“Ini terasa sekali manfaatnya, disini ada beberapa macam sayuran yang kita tanam seperti tomat, cabe, terong, kangkung, bayam, sawi dan masih ada beberapa lagi lainnya. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk belanja sayuran,” kata Ani, Minggu (12/09).

Kebun Bibit Pekarangan Pangan Lestari Kelompok Wanita Tani Asri Murni Perumahan Taman Asri, Desa Milangasri.(Daniel/Lensa Magetan)

Saat ini anggota KWT Asri Murni berjumlah 30 orang yang semakin giat menanam, terlebih untuk bibit sayuran sudah bisa didapat dari kebun bibit mereka sendiri.

“Hasilnya itu cukup melimpah, selain buat kebutuhan anggotanya sendiri sisanya itu bisa dijual atau kita bagikan ke masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Karno Ketua RW 004 yang juga sebagai penasehat KWT Asri Murni menjelaskan untuk pengembangan kedepannya KWT Asri Murni ingin mengajak seluruh masyarakat khususnya di lingkungan RW 004 untuk ikut program P2L ini.

“Untuk kedepannya ini kita akan ajak semua masyarakat yang khususnya di lingkup Taman Asri dan Desa Milangasri ini untuk mewujudkan ketahanan pangan seperti yang dilakukan KWT Asri Murni ini di saat pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Untuk mewujudkan semua itu, anggota KWT Asri Murni diwajibkan untuk menanam 20 pot sayuran di pekarangan rumah masing-masing selain juga menanam di kebun bibit.

“Untuk saat ini selain di kebun bibit, anggota juga sudah menanam masing-masing 20 pot tanaman sayuran di pekarangan rumahnya. Harapan kita kedepannya semua masyarakat bisa menanam seperti ini, untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-sehari seperti sayur-sayuran ini,” imbuhnya.

Selain kegiatan menanam sayuran, saat pandemi ini KWT Asri Murni juga rajin menggalakan sosialisasi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi interaksi dan mobilisasi. Seperti terlihat saat membuat media tanam tersebut, tampak semua anggota rajin dan tidak melepas masker sama sekali.(niel/ton)