Berharap Berkah, Ribuan Warga Rebutan Bolu Rahayu

MAGETAN (lensamagetan.com)- Ribuan warga Magetan dan juga luar Magetan berlomba-lomba berebut berkah bolu rahayu di alun- alun Kabupaten Magetan, Kamis(27/9).

Rebutan bolu tersebut merupakan perayaan tradisi Kabupaten Magetan guna menyambut tahun baru Islam dan peringatan HUT ke- 343 Magetan atau biasa disebut bulan Suro.

“Saya dapet satu karanjang mas,nanti dibawa pulang, biar dapat berkah,” kata Angraini (32) warga Kecamatan Magetan Kepada Lensa Magetan,Kamis (27/9)

Kirap Nayoko Projo dengan puncak berebut berkah bolu rahayu ini merupakan salah satu ajang untuk melestarikan budaya leluhur Magetan, warga juga meyakini puluhan roti bolu tersebut membawa berkah karena sebelumnya sudah dibacakan doa.

“Acara ini merupakan tradisi dan agenda rutin warga Magetan yang mewakili semua ciri khas daerah Magetan, seperti roti bolu yang merupakan jajanan tradisional khas Magetan,” jelas Bambang Setiawan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan (Disparbudaya) Kabupaten Magetan.

Dikatakan Bambang, sebelum warga berebut bolu rahayu, digelar kirap nayoko projo (Para Pejabat OPD) dengan mengendarai kereta kencana.Mengandung maksud memaknai napak tilas pada zaman kerajaan dahulu di Magetan.

“Kirap Nayoko Projo menggambarkan zaman kerjaan dulu, dimana seluruh Nayoko Projo atau punggawa Kerajaan beserta istri naik kereta kencana dan berkeliling kota atau kirab,”ujar Kadin Disparbudaya.

Tak hanya itu lanjut Bambang, acara ini diharapkan juga dapat menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan sehingga bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magetan.

Tradisi andum bolu rahayu ini menghabiskan sekitar 30 ribu bolu yang di bentuk dalam rangkaian gunungan, ledug, gong dan lesung. Pembuatannya dilakukan sendiri oleh industri rumah tangga roti bolu yang ada di Kabupaten Magetan dengan waktu persiapan selama satu pekan.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, rebutan bolu rahayu pada perayaan bulan muharam ini bertujuan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat pada setahun terakhir dan memohon berkah pada kehidupan di tahun berikutnya.

Kedepan Bupati baru Magetan tersebut, mengaku akan lebih memeriahkan dan mengemas dengan apik kegiatan tersebut sehingga menarik warga luar Magetan.

“Kedepan kita akan kemas lebih menarik lagi, kita akan gandeng Institut Kesenian Solo agar kegiatan ini meriah di tingkat regional atau bahkan mimpi kita bisa sampai ditingkat nasional,”pungkas Suprawoto Bupati Magetan.(ton/rd)

Hits: 556

Copyright LensaMagetan