Berinovasi Kurangi Antrian, Disdukcapil Magetan Luncurkan Sistem PAK TUWA

MAGETAN (lensamagetan.com)- Guna terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menggurus administrasi kependudukan, Kamis (7/6).

Membludaknya antrian masyarakat di kantor Disdukcapil akan mulai berkurang dengan diluncurkanya sistem Penerbitan Akta Kematian Tutul Whats App (PAK TUWA) yang meminimalkan tatap muka secara langsung antara masyarakat dengan petugas.

“Kita luncurkan PAK TUWA (Penerbitan Akta Kematian Tutul Whats App) yang akan memudahkan warga mengurus akta kematian, dengan cara mengirimkan foto syarat-syaratnya pada kita lewat aplikasi Whats App tanpa harus datang,”kata Hermawan Kepala Disdukcapil Kabupaten Magetan,Kamis (7/6).

Dijelaskan Hermawan, setelah semua syarat dikirim, petugas disdukcapil akan segera memproses permohonan surat tersebut, dan langsung memberitahu bila akta sudah jadi untuk segera diambil.

“Setelah dikrimkan foto persyaratanya, akan langsung kita proses, selanjutnya bila akta tersebut sudah jadi, pemohon akan kita beri tahu Via Whats App untuk segera diambil dengan membawa persyaratan yang asli,”jelas Hermawan Kepada Lensa Magetan.

Tak hanya itu lanjut Hermawan, rencananya bila sistem tersebut bisa diterima masyarakat dengan baik, tahun yang akan datang juga diterapkan dalam kepengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Semoga inovasi dan terobosan kami ini bisa diterima oleh masyarakat, sehingga mungkin saja tahun depan sistem ini bisa diterapkan juga dalam mengurus KTP, sehingga warga gak perlu antri lagi,”pungkasnya.

Sebagai Informasi, ini tata cara Penerbitan Akta Kematian Tutul Whats App (PAK TUWA).
1. Foto surat kematian asli dari Desa/Kelurahan.
2. Foto Surat kematian dari Rumah Sakit (bila ada).
3. Foto KK dan KTP yang dilaporkan meninggal.
4. Foto KTP pemohon.
5. Nama bapak ibu orang yang meninggal (bila di KK tidak tercantum).
6. Laporan anak yang dilaporkan meninggal.
Dikirim Melalui nomor HP 081554444146.
Setelah Akta sudah jadi, petugas akan menghubungi pemohon lewat Whats App.
Selanjutnya dengan membawa surat-surat asli, pemohon datang ke Kantor Disdukcapil ditukar dengan Akta Kematian yang baru tersebut.(ton)

Hits: 245

Copyright LensaMagetan