Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bersinergi Cegah Corona, 22 Ribu Santri Ponpes Al Fatah Akan Dipulangkan

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Untuk mengantisipasi serta sebagai upaya pencegahan Covid- 19 di Kabupaten Magetan, puluhan ribu santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah Temboro bakal dipulangkan sementara ke rumahnya masing-masing.

Kesepakatan tersebut dibuat, setelah diadakan rapat di posko gugus tugas Covid- 19 Magetan, yang dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto didampingi Sekda Magetan Bambang Trianto, jajaran forkopimda, Kepala dinas instansi, serta perwakilan Ponpes Kampung Madina Al Fatah Temboro.

Hasil dari rapat tersebut, mendapatkan kesepakatan bahwa, dari total 22.467 santri dari berbagai daerah dan 12 negara di Ponpes Al Fatah, bakal segera dipulangkan lebih awal sebelum memasuki bulan Ramadhan.

“Berdasarkan kesepakatan bersama diputuskan para santri untuk dipulangkan lebih awal, dari biasanya tanggal 10 Ramadhan. Diharapkan sebelum tanggal 1 Ramadhan atau tanggal 24 april 2020 sudah selesai,”kata Bupati Magetan Suprawoto, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Magetan
Saif Muchlisun, Minggu (5/4).

Saif Muchlisun menjelaskan, teknis pemulangan semua santri juga sudah direncanakan dengan baik, semua santri bakal didata dan diperiksa satu persatu oleh tim Dinas Kesehatan sebelum pulang.

“Teknisnya, sebelum pulang semua santri akan diperiksa dulu oleh Dinkes, untuk mendapatkan hasil catatan pemeriksaan kesehatan agar saat pulang tidak bermasalah jika masuk ke daerah asalnya, “terangnya.

Selain itu, teknis pemulangan puluhan ribu santri juga akan dilakukan dengan secara bertahap, santri dan wali santri tidak boleh berkerumun karena sudah ditentukan titik-titik penjemputan kendaraan.

“Pemulangan dibuat secara bertahap. Pihak Ponpes menyediakan armada sampai ke titik-titik asal santri, kemudian nanti akan dikontak dititik-titik pulangnya santri ini diberitahu aparat atau Pemkab serta wali santri setempat. Disanalah wali santri menjemput. Tidak boleh langsung ke Ponpes,”ujarnya.

Dengan sudah disepakatinya hasil rapat tersebut, Bupati Magetan melalui, Saif Muchlisun mengucapkan terimakasih atas kerjasama Ponpen Al Fatah Temboro yang sudah bersinergi dengan Pemkab dan jajaran Forkopimda dalam memerangi wabah Corona di Magetan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dari Ponpes Al Fatah Temboro, termasuk upaya yang dilakukan selama ini dalam menghadapi wabah Corona di Magetan. Luar biasa upaya yang dilakukan Ponpes dibawah pimpinan KH Ubaidilah Abror ( Gus Ubaid ) yang telah bersinergi bersama pemerintah melawan Covid 19,”tutupnya. (ton)

Hits: 2202