Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cegah Paham Radikalisme, Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Untuk mempererat silaturahmi antara sesama tokoh masyarakat, serta menangkal paham radikalisme, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar sosialisasi kerukunan umat beragama, Rabu (17/7).

Bertempat di Balai Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Magetan, kegiatan yang membahas berbagai masalah di Kabupaten Magetan tersebut di hadiri sekitar 200an peserta, mulai dari tokoh lintas agama dan juga perwakilan organisasi masyarakat (ormas) di desa dan Kelurahan se-Kecamatan Magetan.

“Untuk menciptakan kehidupan sosial kemasyarakatan yang baik perlu campur tangan berbagai pihak, maka dari itu, semua tokoh masyarakat yang hadir disini bisa menjadi katalisator mewujudkanya,”kata Kepala Bakesbangpol kabupaten Magetan, Eko Muryanto, Rabu (17/7).

Eko menjelaskan, dipilihnya Kecamatan Kota Magetan tersebut beralasan karena, Pemkab Magetan merasa prihatin dua kali kejadian yang diduga berhubungan dengan paham radikalisme terjadi di wilayah Kecamatan kota Magetan.

“Sebenarnya kita merasa prihatin dua kali peristiwa terjadi di Kecamatan kota, dan ini adalah wujud nyata kita untuk mencegah paham radikalisme berkembang di Magetan,”ujarnya.

Eko mengungkapkan, meskipun Bakesbangpol sudah memetakan wilayah-wilayah mana saja yang perlu dilakukan pembinaan, Pemerintah tetap saja perlu bekerjasama dengan tokoh agama dan masyarakat. Karena tokoh-tokoh itu dianggap sangat penting sebagai ujung tombak utama untuk menjadi motor penggerak dalam mewujudkan kehidupan sosial kemasyarakatan yang harmonis serta menjadi penggerak kerukunan umat beragama.

“Tujuan utama kami yang pertama adalah kerukunan umat beragama, kemudian tercipta kehidupan sosial bermasyarakat yang baik, lalu yang kedua kami berharap semua tokoh-tokoh yang hadir disini bisa menjadi motor penggerak warga disekitarnya masing-masing, agar selalu baik bagi sesama,” pungkasnya.(ton)

Hits: 53