Disaksikan Ribuan Wisatawan, Bupati Magetan Pimpin Prosesi Larung Tumpeng Sarangan

MAGETAN (lensamagetan.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, menggelar acara adat tahunan yakni Larungan Tumpeng di Telaga Sarangan Minggu (15/4).

Bersama ribuan wisatawan dan juga tokoh adat, Buceng (tumpeng) Gono Bau diarak dari kantor Kelurahan Sarangan menuju Telaga Sarangan untuk dilarung (ditenggelamkan,red) ditengah Telaga Sarangan.

Lurah Sarangan Serahkan Piranti Larungan Kepada Bupati Magetan

Acara tersebut adalah prosesi tahunan yang digelar Pemkab Magetan,guna melestarikan budaya leluhur dan juga sebagai sarana untuk lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sarangan.

” Acara Labuhan Sarangan adalah prosesi adat tahunan warga Magetan, hal itu sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas karunia dalam berbagai bentuk yang sudah diberikan Telaga Sarangan” kata Bupati Magetan, Sumantri, Minggu (15/4).

Disinggung mengenai Pilkada Magetan, Sumantri berharap siapapun pemimpin Magetan nantinya acara tersebut harus tetap ada dan lebih baik lagi.

“Tentunya kami berharap, siapapun nanti pemimpin Magetan, acara ini harus tetap ada dan semakin meriah ditangan Pemerintahan yang baru, ” jelas Bupati Magetan.

Ayudya Priasmoro Kabid Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Disparbudaya Kabupaten Magetan

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbudaya) Siran, melalui Ayudya Priasmoro Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi, mengaku sangat senang atas suksesnya program tahunan yang selalu di agendakan Disparbudaya tersebut.

“Alhamdulilah acara hari ini sukses, meskipun pas arak-arakan tumpeng tadi, disertai tumpahruah pengunjung, tapi itu justru menunjukan antusias warga dengan acara ini,” ungkapnya.

Disinggung sempitnya jalan telaga karena banyaknya PKL, Ayudya mengaku akan segera koordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL yang berada pada tempat yang tidak semestinya.

“Terkait PKL kita selalu koordinasi dengan Satpol PP, kedepan PKL yang membelakangi telaga akan kita tertibkan demi kenyamanan pengunjung, “pungkasnya.(ton)

Hits: 189

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright LensaMagetan