Disnakan Magetan Kenalkan Sistem Bioflok Kepada Ratusan Pembudidaya Ikan

MAGETAN (lensamagetan.com)- Untuk meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) khususnya para pembudidaya ikan di Kabupaten Magetan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan menggelar sosialisasi dan pembinaan kepada seluruh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Magetan, Jumat (14/9).

Sebanyak 105 anggota dari sejumlah Kelompok Pembudidaya Ikan (Podakan) diberikan penyuluhan langsung oleh salah satu ahli ikan dari salah satu Pabrik Pakan Ikan yang cukup terkenal.

“Kita undangan 105 pembudidaya, kita datangkan pembicara dari salah satu ahli ikan dari Pabrik Ikan ternama, agar sekiranya bisa menambah pengetahuan para pembudidaya,”kata Kepala Disnakan Magetan Kustini melalui Wiyoto Kabid Pengembangan dan Perikanan, Jumat(14/9).

Wiyoto, Kabid Pengembangan dan Perikanan Disnakan Kabupaten Magetan.(Anton/Lensa Magetan).

Dikatakan Wiyoto, kondisi perikanan ditahun 2018 ini mulai ada peningkatan yang signifikan, maka dari itu Ia mengatakan perlu penambahan pengetahuan lagi untuk para pembudidaya agar panenya lebih meningkat.

“Kondisi perikanan di Magetan mulai ada kenaikan, oleh karena itu kita adakan pembinaan agar pengetahuan para pembudidaya bisa lebih banyak lagi,”jelasnya Kepada Lensa Magetan.

Tak hanya itu lanjut Wiyoto, dalam pembinaan tersebut para pembicara juga mengenalkan tekhnik perikanan terbaru yakni tehknik Bioflok atau tehnik budidaya ikan dengan kolam sempit, dengan kepadatan ikan yang luar bisa yang bisa meningkatkan hasil panen seratus persen lebih banyak.
“Harapan kami dengan adanya pembinaan kali ini, sepertihalnya diberikan pengetahuan cara budidaya sistem bioflok ini tadi kedepan pembudidaya ikan Magetan bisa lebih maju, dan tingkat produksinya lebih meningkat,”pungkasnya.

Sebagai informasi tekhnik Bioflok adalah cara budidaya ikan dengan cara mengubah senyawa organik dan anorganik yang di dalamnya berisi senyawa karbon ( C), Oksigen (O), Hidrogen (H), Nitrogen (N) menjadi massa slugde berbentuk bioflok dengan cara memanfaatkan bakteri pembentuk gumpalan/flok yang mengubah biopolymer sebagai bioflok.

Dalam penerapnnya dalam budidaya perairan dalam hal ini budidaya lele, teknologi bioflok memanfaatkan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yang tidak beracun. Nitrogen yang sudah diubah ini bisa digunakan untuk pakan lele, sehingga lebih meghemat biaya pakan, yang akhirnya keuntungan lebih banyak.(ton)

Hits: 67

Copyright LensaMagetan