Driver Profesional, Speed Boat Telaga Sarangan Aman

MAGETAN (lensamagetan.com)- Profesional dan mahir itulah yang secara langsung dikatakan Suyatno Ketua Paguyuban perahu mengenai puluhan anggotanya Driver (sopir) Speed Boat di Telaga Sarangan, Rabu(1/8).

Tidak hanya mahir dalam mengoperasikan Speed boat, Suyatno mengaku 53 anggotanya juga sudah paham dan mahir mengenai mesin Speed boat, sehingga pengunjung yang menggunakan jasa mereka dipastikan aman.

“Pasti aman mas, anggota kami sudah mahir mengenai mesin, sedikit saja kerusakan contohnya kebocoran langsung kita bawa ke bengkel perahu,”kata Suyatno Ketua Paguyuban Perahu Telaga Sarangan, Rabu (1/8).

Dijelaskan Suyatno, untuk menunjang kinerja mereka, setiap tiga bulan sekali semua perahu dan juga Speed boat di Telaga Sarangan langsung dilakukan servis oleh para pemiliknya sendiri.

” Untuk perawatanya, setiap tiga bulan sekali setiap perahu diadakan servis secara mandiri oleh pemiliknya, jadi saat bekerja perahu dan juga Speed boat selalu dalam keadaan baik,”jelas Suyatno.

Tak hanya itu lanjut Suyatno, mengenai tarif jasa perahu dan juga Speed boatpun juga sudah disepakati secara bersama, yang dipastikan tidak ada para pengemudi yang menaikan taris secara sepihak.

“Tarifpun juga sudah kami atur, tidak boleh ada yang menaikan, karena disana saya terus mengawasi,”ungkap Suyatno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbudaya) melalui Sekertaris Disparbudaya Winarto mengatakan, untuk menunjang keselamatan pengunjung, pihak Disparbudaya sering kali memberikan wawasan dan juga pelatihan kepada para pengemudi perahu sehingga para pengguna jasa perahu merasa aman.

“Untuk memberi rasa aman kepada pengguna perahu dan juga Speed boat, Disparbudaya sudah sering melakukan berbagai pelatihan dan bimbingan tekhnis kepada pemilik jasa perahu, jadi mereka sudah sangat mahir,” ungkap Winarto.

Selain itu lanjut Winarto, untuk lebih menjamin keselamatan para pengguna perahu, Sekdin Sisparbudaya menghimbau agar para penumpang perahu selalu memakai alat keselamatan (pelampung) yang sudah disiapkan oleh masing-masing perahu.

“Untuk menunjang keselamatan, kami tentunya tidak henti-hentinya mohon para penumpang perahu untuk selalu menjaga diri dengan memakai pelampung yang sudah kami sediakan, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,”pungkasnya.(ton/rd)

Hits: 106

Copyright LensaMagetan