Hampir Memasuki Pertengahan Tahun, Taman Vertikal Garden Gandong 1 Masih Mangkrak

MAGETAN (lensamagetan.com)- Taman Vertikal atau biasa disebut Vertical Garden tepatnya berada di jembatan gandong 1, yang beberapa saat lalu tersiar kabar akan diganti total oleh Pemkab Magetan, namun hingga kini belum ada realisasi juga

Seperti yang dilansir dari Magetantoday.com,PIt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Magetan,Rudi Subagyo, mengakui jika kondisi Vertical Garden memang tidak terawat dan akan diganti total pada tahun 2018 ini.

” Memang saya akui banyak yang mati, kondisinya juga sudah sangat parah dan akan kita ganti semua nanti di tahun 2018,’’kata Rudi Subagyo Minggu (12/11) tahun 2017  lalu.

Namun memasuki tahun 2018 hingga jelang pertengahan tahun, belum ada realisasi dan juga  wujud nyata dari ucapan Plt Dinas Perkim tersebut. Bahkan, taman senilai Rp 190 juta tersebut, sekarang berangsur- angsur mengering, layu selanjutnya mati hingga  terkesan mangkrak dan tak terurus.

“Katanya kemarin tahun 2018 akan diganti total, ini hampir setengah tahun masih begini-begini saja,malah mangkrak dan tumbuhanya mati semua,’’kata Novan warga, Kecamatan Panekan,Minggu (20/5).

Dikatakan Novan, karena tumbuhan sudah mati, Taman Vertikal Garden tersebut malah membuat Magetan Kota terkesan kumuh karena taman tersebut persis berada jalan utama untuk masuk ke Alun- Alun Magetan.

“Taman ini malah membuat Magetan terkesan kumuh,lihat saja keberadaanya istilahnya di pintu masuk menuju Alun-Alun, tapi saat mau masuk warga atau pengunjung langsung disambut dengan taman yang seperti itu,apa kita tidak malu,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Tahun 2016 Pemkab Magetan menggelontorkan dana kurang lebih Rp 230 juta untuk pengadaan dua Taman Vertikal Garden. Yakni Taman Vertikal Garden Jembatan Gandong yang menelan anggaran Rp 190 juta. Sedangkan yang kedua Taman Vertical di jembatan pintu masuk Telaga Sarangan dengan anggaran 40 juta.

Namun karena pada bulan November 2017 lalu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tersandung kasus, Taman jadi tak terurus dan diserahkan kepada Dinas Perkim. Namun ironisnya, ditangan Perkimpun hingga hampir pertengahan tahun 2018 ini taman masih saja terlihat mangkrak dan belum ada upaya perbaikan sama sekali.(ton)

 

 

Hits: 895

Copyright LensaMagetan