Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jamaah Ponpes Sabilil Muttaqin Takeran Gelar Shalat Idul Fitri Hari Ini

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Jamaah Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilil Muttaqin Desa/Kecamatan Takeran hari ini melaksanakan Shalat Idul Fitri, Sabtu (23/5).

Jadwal shalat tersebut berbeda dengan jadwal yang sudah ditentukan Pemerintah bahwa shalat Id bakal di gelar besok, Minggu (24/5).

KH Zuhdi Tafsir, Imam Shalat sekaligus pengurus ponpes meyakini bahwa 1 syawal 1441 hijriyah jatuh pada hari ini, berdasar penangalan bulan yang di wariskan turun temurun dari pendiri Ponpes Sabilil Muttaqin Hadratus Syech Imam Mursyid.

“Hisaf biasanya kita ambil setelah malam 22 ramadhan, jika bulannya cekung berarti umurnya bulan qomariyah hijriyah itu pasti 29 hari, jika masih cembung berarti usia hari dalam sebulan 30 hari,”kata KH Zuhdi Tafsir,Sabtu (23/5).

Dijelaskan KH Zuhdi Tafsir, berdasarkan dari bentuk bulan yang sudah terlihat cekung pada malam 22 ramadan lalu, pihaknya menyakini jumlah hari dalam sebulan tahun ini sebanyak 29 hari saja dan lebaran jatuh pada hari sabtu (23/5).
” Sebagai keturunanya saya mewarisi dan meneruskanya,” ujarnya.

Shalat Idul Fitri secara khusuk digelar di Masjid utama komplek Ponpes Sabilil Muttaqin dengan ratusan jamaah hingga meluber ke halaman masjid.

Meski jamaah tersebut sudah lebaran hari ini. Namun, untuk menghormati umat muslim yang lain yang baru merayakan idul fitri besok, semua jamaah diwajibkan tidak mengganggu umat muslim yang saat ini masih menjalankan puasa.

“Untuk menghormati sesama muslim, kami tidak keluar dulu, tidak menggelar makan-makan, supaya tidak menganggu atau mengurangi ke khusukan ibadah dan puasa yang lain,” tutupnya. (ton/Ist)

Hits: 757