Jelang Hari Raya Qurban Dibarengi Tahun Ajaran Baru, Pasar Hewan Sepi

MAGETAN (lensamagetan.com)- Jelang Hari Raya Qurban yang dibarengi tahun ajaran baru membuat pedangang hewan ternak, seperti Sapi dan juga Kambing di Kabupaten Magetan, mengeluhkan sepinya pembeli dan juga berkurangnya pengunjung di Pasar Hewan, Kamis (26/7).

Hal itu menurut pedagang, dikarenakan saat ini harga hewan Qurban naik dan juga dibarengi tahun ajaran baru yang membuat sebagian warga menguras kantongnya untuk membeli perlengkapan anaknya memasuki tahun ajaran baru.

“Wah kalau akhir-akhir ini sepi banget, biasa mas barengan sama masuk sekolah anak-anak jadi pengunjung pasar berkurang,”kata Warno salah satu pedagang Kambing di Pasar Hewan Gorang-Gareng, Kecamatan Kawedanan, Selasa (24/7) lalu.

Dikatakan Warno, kenaikan hewan Qurban saat ini si Kabupaten Magetan sangat bervariasi, sebelumnya sebelum mendekati Hari Raya, Kambing hanya berkisar Rp 1,7 Juta rupiah namun sekarang mencapai Rp 2,5 Juta rupiah.

“Kenaikan bervariasi, dulu sebelum mendekati hari raya hanya sekitar Rp 1,7 tapi sekarang harga kambing siap qurban mencapai Rp 2,5 Juta,” jelas Warno Kepada Lensa Magetan.

Hal itu juga terjadi pada Sapi yang siap qurban yang akhir-akhir ini harganya melambung tinggi mencapai Rp 22 Juta rupiah padahal sebelumnya hanya berkisar Rp. 17 Juta rupiah.

“Sapi juga naik, dulu sekitar Rp 17 Juta, sekarang juga merangkak naik menjadi sekitar Rp 22 Juta,” ujarnya.

Bahkan lanjut Warno, anak Sapi bakalan malah justru sudah lebih dulu naik, terhitung Bulan Ramadhan kemarin hingga bulan ini yang belum juga tampak turun.

“Malahan Sapi bakalan sejak puasa naik terus, dulu sekitar Rp 8 Juta sekarang sudah Rp 13 Juta,”pungkasnya.(ton/rd)

,

Hits: 122

Copyright LensaMagetan