Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang Idul Adha, Disnakan Periksa Kesehatan Ratusan Hewan Kurban

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Menjelang hari idul adha atau biasa disebut hari raya kurban Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan menggelar pemeriksaan hewan secara rutin di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Magetan.

Pemeriksaan hewan kurban, baik sapi atau kambing tersebut meliputi umur hewan, kesehatan, serta kelayakanya, untuk dijadikan hewan kurban nantinya.

“Ini adalah pemeriksaan kesehatan hewan yang sudah kita lakukan beberapa minggu yang lalu.Untuk memastikan dan menjamin akan kesehatan hewan kurban,”kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, drh. Santri Trisnawati, Selasa (6/8).

Santi mengatakan, pemeriksaan hewan itu terdiri dari pemeriksaan gigi hewan, tracak (kaki hewan),mata dan juga lendir hidung hewan yang bisa dijadikan sebagai kode awal suatu penyakit pada hewan.

“kita periksa semuanya, lalu kita timbang dan kita berikan label bahwa hewan tersebut sehat,”ujarnya.

Selain itu, Santi menjelaskan, dari ratusan hewan yang sudah diperiksa dari beberapa Minggu yang lalu hingga kini, belum ditemukan tanda-tanda penyakit menular serius pada hewan.

“Selama ini belum kita temukan penyakit menular serius pada hewan qurban, cuman kita pernah menjumpai belek dan penyakit kulit lalu kita rekomendasi agar diobati terlebih dahulu,” pungkasnya.(ton)

Hits: 87