Kemah Literisasi, Ki Suprawoto Launcing E-Book Dan Bedah Buku “Dalane Uripku”

MAGETAN (lensamgetan.com)- Suprawoto atau biasa disebut Kang Woto menggelar Louncing E- Book dan juga bedah buku hasil karya tulisnya yang berjudul “Dalane Uripku” dalam acara Kemah Literisasi yang diadakanya,Senin (11/6).

Bertempat di salah satu obyek wisata di Magetan dan dihadiri puluhan pecinta buku dan juga penulis, Ki Suprawoto yang juga salah satu calon bupati Magetan menerangkan biografinya secara gamblang yang ditulisnya dalam buku tersebut.

“Ketika seseorang, seperti Ki Suprawoto, menuliskan biografinya” Dalan Uripku” ini maka sesungguhnyalah upaya ini harus diapresiasi setinggi-tingginya.Lebih-lebih beliau adalah seorang politikus, sebab jarang atau langka seorang politikus memiliki perhatian besar terhadap dunia literisasi,” kata Tjahyono Widarmanto Dosen,penulis dan juga sastrawan dalam tulisan selayang pandang literisasi yang dituliskanya,senin (11/6).

Puluhan Penulis dan Pecinta Buku Magetan, Antusias Ikuti Bedah Buku “Dalane Uripku” Oleh Ki Suprawoto.

Dikatakan Tjahyono Widarmanto, Ki Suprawoto adalah individu yang akrab dalam bahasa Jawa, maka dari itu secara kultural buku tersebut ditulis dengan bahasa Jawa Ngoko. Bukan bahasa Jawa Krama Madya atau Krama Inggil.

“Dengan bahasa Jawa Ngoko,komunikasi yang dibangun oleh Ki Suprawoto adalah komunikasi yang egaliter, komunikasi yang berbasis kerakyatan sebagai bahasa yang mendudukan bahasa yang berfungsi komukasi masyarakat yang bisa menjadi,meminjam istilah Foucault, sebagai “teknologi kekuasaan,” jelas Tjahyono Widarmanto.

Sementara itu ditempat yang sama Ki Suprawoto dalam sambutan yang disampaikanya mengatakan,bahwa biografi “Dalane Uripku” adalah hasil karya tulisnya yang setiap waktu dia tulis dalam berbagai kesempatan.Sebagai catatan harian dan juga sebagai upaya “eling” (ingat) atau dengan kata lain untuk melawan lupa.

“Saya menulis diberbagai kesempatan, dirumah, dibandara, saat sedang menunggu saya buka laptop untuk menulis. Saya berharap buku yang sudah saya tulis ini bisa berguna untuk seluruh pembacanya, meskipun mungkin masih ada kata-kata atau tulisan yang belum sempurna,”pungkas Ki Suprawoto.

Hits: 62

Copyright LensaMagetan