Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Masih Banyak Pemancing, 10 Ribu Ikan Dewa di Telaga Sarangan Terancam

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Nasib 10 ribu ikan dewa yang ditebar oleh Pemkab Magetan di telaga Sarangan sekitar 9 bulan yang lalu, kini mulai terancam habitatnya.

Pasalnya, disaat Pemkab Magetan dengan tegas mengatakan atau menghimbau seluruh masyarakat agar tidak memancing di telaga Sarangan, namun hal itu tetap tidak dihiraukan sama sekali oleh sebagian warga yang tetap memancing disekitar telaga.

Pantauan LensaMagetan.com, Sabtu  (27/3/2028) pagi ada sekitar 6 pemancing yang masing-masing membawa lebih dari satu alat pancing sedang mencoba menangkap ikan di telaga Sarangan.

Mereka seolah tidak tahu kalau memancing di telaga sarangan itu dilarang oleh Pemerintah, setelah ditebarkanya puluhan ribu bibit ikan dewa.

“Yang enak itu sejenis nila kalau disini, kalau ikan yang warnanya merah itu banyak sekali durinya,”kata salah satu pemancing.

Pemamancing itu menjelaskan, meski ikan di Telaga Sarangan sangat banyak yang tampak ditepi telaga, namun biasanya yang mau memakan umpan hanya ikan-ikan tertentu saja, yang justru tidak mau muncul dipermukaan air.
“Kalau ikan-ikan yang nampak itu justru gak mau makan umpan,”ujarnya.

Sebagai informasi, pada saat Gebyar Peternakan dan Perikanan tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, yang didampingi secara langsung oleh Badan Riset Dan Sumber Daya Manusia Kementrian Kelautan Dan Perikanan, menebar sebanyak 10.000 ikan Dewa di obyek wisata Telaga Sarangan, Sabtu (20/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati Magetan Suprawoto mengaku sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Kemudian, untuk mendukung program itu agar benar-benar sukses, Bupati menegaskan, melarang siapapun untuk memancing ataupun menangkap ikan di Telaga Sarangan agar ikan dewa bisa cepat berkembang biak.

“Ini adalah pilot Project yang harus kita dukung dan dikembangkan karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya mensukseskan program pemerintah,dua minggu sebelumnya sudah kita lakukan sosialisasi tidak boleh memancing di Telaga Sarangan, dan ini akan segera kita susun di Perbubnya,’’tegas Bupati Magetan Suprawoto saat itu.(ton)

Hits: 2819