Pameran Tosan Aji di Magetan, Wujud Pelestarian Budaya Leluhur

  • Bagikan
Bupati Magetan Suprawoto Saat Meninjau Langsung Acara Pameran Tosan Aji di Gedung Kesenian Tripandita Magetan.(Daniel/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Sebagai wujud pengembangan dan pelestarian budaya leluhur, Paguyuban Sejarah Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif (Pekatik) bekerjasama dengan Komunitas Tosan Aji Se- Kabupaten Magetan dan perwakilan dari Kabupaten Madiun menggelar Pameran Tosan Aji, Kamis (25/11).

Bertempat di gedung kesenian Tripandita Kabupaten Magetan, pameran Tosan Aji kali ini mengambil tema “Budaya di Era Globalisasi” yang dibuka langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto dan diikuti oleh para pecinta Tosan Aji di berbagai wilayah pulau jawa.

Mbah Juno sapaan akrab dari sesepuh Pekatik Magetan mengatakan, acara pameran Tosan Aji ini merupakan wujud kepedulian dalam pelestarian budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia.

“Pameran Tosan Aji ini selain untuk melestarikan warisan budaya leluhur, juga untuk menumbuhkan kecintaan dan memberi edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial sekarang ini,”kata mbah Juno.

Pameran Tosan Aji ini akan diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 25 – 27 November 2021 yang dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

“Untuk peserta pameran kali ini sudah melebihi batas maksimal yang awalnya kita perkirakan sekitar 140 tosan aji tapi yang mengikuti ada sekitar 170 tosan aji dan itu juga masih ada beberapa yang belum hadir,” imbuh mbah Juno.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pameran Tosan Aji yang diadakan Pekatik ini dan juga berharap agar Pameran seperti ini diadakan secara rutin nantinya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pameran Tosan Aji ini karena juga bisa memberikan edukasi bagi masyarakat dan nantinya saya berharap acara seperti ini bisa diadakan rutin setiap tahun, jika perlu diadakan setiap minggu nantinya,” pungkas Bupati Magetan. (niel/red)

  • Bagikan
Exit mobile version