Program Paling Jempol Disdukcapil Magetan, Permudah Pelajar SMKN 2 Magetan Perekaman E-KTP

  • Bagikan
Kepala Disdukcapil Magetan Hermawan Saat Memberikan Secara Simbolis E-KTP Yang Sudah Jadi Pada Pelajar SMKN 2 Magetan.(Daniel/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Terus berusaha memberikan layanan pembuatan administrasi kependudukan yang cepat dan mudah untuk masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan menggelar Program Perekaman Keliling Jemput Bola (Paling Jempol), Senin (29/11).

Pelayanan Paling Jempol kali ini, dilaksanakan di SMK Negeri 2 Magetan, yang bertepatan dengan HUT SMKN 2 Magetan yang Ke -20. Dalam kegiatan itu diikuti oleh 100 siswa baik putra maupun putri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magetan Hermawan mengatakan, program Paling Jempol ini merupakan kegiatan perekaman E-KTP jemput bola yang hampir sama biasa dilakukan oleh Disdukcapil Magetan di desa-desa.

Bedanya, khusus untuk program Paling Jempol ini Disdukcapil menyasar bagi penduduk pemula atau pelajar yang baru berusia 17 tahun.

“Hari ini kita pelayanan keliling jemput bola atau disebut dengan Paling Jempol bagi penduduk pemula yang artinya penduduk yang baru berusia 17 tahun. Kalau untuk yang Lansia, Difabel dan Jompolkan sudah berjalan di desa – desa, dan sekarang ini kita menyasar ke penduduk pemula ini,” jelas Hermawan, Senin (29/11).

Proses Perekaman E-KTP Pelajara SMKN 2 Magetan Dalam Program Paling Jempol Disdukcapil Kabupaten Magetan.(Daniel/Lensa Magetan)

Hermawan menerangkan, sebenarnya program jemput bola perekaman administrasi data kependudukan (Adminduk) ini sudah pernah digalakkan Disdukcapil Kabupaten Magetan. Namun, karena terhalang adanya pandemi Covid-19, program itu otomatis berhenti.

Hermawan berharap, situasi pandemi yang saat ini sudah mulai mereda ini bisa mempermudah pelajar atau penduduk pemula yang sudah berusia 17 tahun untuk mengikuti program Paling Jempol ini, jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke Dinas atau Kecamatan untuk perekaman E-KTP.

“Sebenarnya kegiatan jemput bola ini sebelumnya sudah pernah kita laksanakan, hanya 2 tahun terakhir ini kan pandemi, jadi kita tidak bisa melaksanakannya. Dan di SMKN 2 Magetan ini menjadi yang pertama kita melaksanakan jemput bola untuk penduduk pemula di tahun 2021 atau setelah pandemi sudah reda,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, dengan adanya layanan jemput bola perekaman E-KTP itu, Kepala SMKN 2 Magetan Susilo Purwantono mengucapkan terimakasih kepada Disdukcapil Kabupaten Magetan yang sudah mau datang dan melakukan perekaman E-KTP untuk ratusan anak didiknya.

Susilo berharap, program Paling Jempol Disdukcapil Magetan tersebut terus berjalan, tidak hanya di SMKN 2 Magetan saja tapi juga sekolah-sekolah lain di Kabupaten Magetan.

“Terimakasih untuk Disdukcapil Magetan yang telah menjadikan SMKN 2 Magetan untuk sasaran pertama dari program Paling Jempol ini. Dengan adanya program ini anak – anak merasa sangat terbantu sekali karena tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengurus E-KTP. Kami berharap program Paling Jempol Disdukcapil Magetan ini akan terus berjalan nantinya,” imbuhnya.(niel/adv/red)

  • Bagikan
error:
Exit mobile version