Puluhan Ribu Pesilat Padati Makam Eyang Badini

MAGETAN (lensamagetan.com)- Puluhan ribu massa pesilat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) mengepung Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan dalam rangka Suroan Agung tradisi nyekar atau ziarah dimakam sesepuh PSHT, Eyang Badini, Selasa(11/9).

Kegiatan ini dipusatkan dimakam sesepuh PSHT Magetan Eyang Badini karena sesuai kesepakatan bersama para pesilat, untuk Suroan tahun 2018 ini tidak agenda Suroan atau nyekar massal di Pusat PSHT Madiun.

Ribuan massa pesilat tersebut berasal dari berbagai desa di 18 Kecamatan, di wilayah Kabupaten Magetan, meraka dengan Khusyuk mengikuti dzikir dan tahlil yang dipimpin oleh salah satu pemuka agam setempat.
Sekertaris Daerah (Sekda) Magetan Bambang Trianto mengatakan, kegiatan Ziarah Makam leluhur ini adalah budaya leluhur asli dari bangsa Indonesia oleh sebab itu harus kita jaga dengan baik. Jadikanlah momentum Ziarah ini untuk mempererat tali silaturahmi dan kekompakan Persaudaraan antar warga PSHT.
“Ziarah leluhur adalah budaya yang harus tetap dilestraikan, maka dari itu mari kita jadikan momentum ziarah ini untuk selalu mempererat petsaudaraan,”kata Bambang Trianto Sekda Magetan,Selasa(12/9).

Disamping itu Sekda juga menghimbau kepada seluruh pesilat untuk selalu menjaga ketertiban dalam berkendara, agar semua tetap selamat sampai rumah masing-masing.
“Tetap hati-hati dalam berlalulintas, patuhi aturan agar dalam perjalanan pulang diberikan keselamatan,” jelas Sekda Magetan.

Dalam kegiatan nyekar tersebut tampak dihadiri oleh sejumlah Pejabat prnting di Kabupaten Magetan diantaranya, Dandim 0804 Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko, Kapolres Magetan AKBP Muslimin SIK, Sekda Magetan Drs.Bambang Trianto, Kepala Dikpora Magetan Joko Santoso, Ketua Cabang PSHT Kabupaten Magetan Nanang Budi Setiaji. Serta Keluarga Besar PSHT Magetan sekitar 10 ribu orang.(ton/rd)

Hits: 815

Copyright LensaMagetan