Seminar Akbar Hardiknas Magetan, Mendikbud Bertekat Ringankan Beban Kerja Guru

MAGETAN (lensamagetan.com)- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bertekat ingin memperingan beban kerja guru guna menguatkan pendidikan katakter siswa di Kabupaten Magetan, Jumat (11/5).

Hal itu dikatakan secara langsung kepada ribuan guru PAUD, SD dan SMP Se- Kabupaten Magetan. Dalam Seminar Akbar Nasional yang bertema Peningkatan Mutu Pendidikan Yang Berkarakter dan Berprestasi di Kabupaten Magetan, dalam rangka Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 kabupaten Magetan yang digelar di Gor Ki Mageti.

Ribuan Guru PAUD,SD dan SMP Se- Kabupaten Magetan Diberikan Seminar Langsung Oleh Mendikbud

“Beban Guru selama ini sudah terlalu berat, untuk menguatkan karakter anak didiknya kerja guru harus lebih diperingan,”kata
Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia.

Disampaikan Muhadjir, hal itu sebagai wujud penerapan Peraturan Menteri (Permen) nomor 68 tahun 1995, tentang kewajiban Guru yang mengajar 5 hari kerja dalam semingu, yakni hanya 8 jam sehari. Karena, kewajiban 24 jam waktu mengajar selama seminggu itu dinilai sangat memberatkan.

“Kita akan peringan beban kerja Guru karena sesuai amanat Peraturan Menteri (Permen) nomor 68 tahun 1995, guru mengajar hanya 5 hari kerja dalam semingu, yaitu hanya 8 jam sehari,”jelas Mendikbud

Muhadjir membeberkan, waktu mengajar 24 jam bagi guru selama seminggu itu dinilai sangat membebani guru sehingga untuk memenuhi 24 jam,tidak sering guru terpaksa banyak meninggalkan sekolah karena harus mengajar di sekolah lain.

“Untuk memenuhi 24 jam, Guru akan sering meninggalkan sekolah untuk mengajar di tempat lain,akhirnya sekolah kosong hanya diisi guru honorer.Karena gaji rendah dan diberi tugas yang berat akhirnya Guru honorer juga seenaknya mengajar, berujung pada kualitas pendidikan yang buruk,”ungkap Mendikbud.

Tak hanya itu kata Muhadjir, untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedepan
kepala sekolah tidak lagi diwajibkan mengajar, karena tugas kepala sekolah adalah bertanggung jawab mengenai sekolahnya sehingga pendidikan bisa terus berjalan dengan baik.

“Kepala sekolah itu adalah manager, tugasnya memperhatikan sekolahnya, memikirkan bagaimana pendidikan berlangsung dengan baik. Tidak harus lagi dibebani jadwal mengajar,”pungkasnya (ton)

 

Hits: 67

Copyright LensaMagetan