Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

SPJ Belum Rampung, Bantuan Ratusan Juta Ke Magetan Tersendat

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Imbas belum disalurkanya secara penuh dana bedah rumah untuk 3 kepala keluarga (KK) di desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, membuat semua bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dari Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Magetan terhenti.

Hal itu disebabkan, Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) terkait realisasi dana bedah rumah dan bedah kamar pada 35 keluarga miskin di Magetan yang harus dilaporkan ke Baznas Provinsi Jawa Timur belum bisa di kirim, gegara realisasi dan pertanggung jawaban dari Desa Banjarejo juga belum ada hingga saat ini.

“Semua desa lain yang menerima bantuan Baznas sudah selesai SPJnya, hanya Desa Banjarejo ini yang belum dan dampaknya membuat semua bantuan dari Provinsi tersendat,” kata Samadi Ketua III Baznas Magetan.

Samadi menjelaskan, bantuan yang tersendat itu adalah, bantuan modal usaha dan ekonomi produktif, serta bantuan dampak Covid-19 di Kabupaten Magetan.

“Sebenarnya kita dapat bantuan dampak Covid-19 dari Provinsi senilai ratusan juta, tapi karena SPJ belum selesai akhirnya berhenti. Kemudian bantuan modal usaha dan ekonomi produktif, seperti bantuan gerobak juga tersendat, “jelasnya.

Samadi mengungkapkan, dari pihak Baznas sudah sering mengingatkan terkait SPJ itu pada pihak Desa Banjarejo, hingga mengirimkan surat di awal bulan Maret 2020.

“Secara aturan bulan Maret ini semuanya harus selesai, dan kita sudah sering mengingatkan, bahkan kita sudah kirim surat ke desa, namun hingga saat ini tetap tidak jalan,”terangnya.

Diberitakan sebelumnya, pada bulan Desember 2019, Baznas Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan bedah rumah dan bedah kamar di Kabupaten Magetan dengan total penerima 35 keluarga.

Rincian 35 keluarga itu, 10 keluarga menerima bantuan bedah kamar per KK menerima uang Rp 5 juta rupiah, lalu 25 keluarga menerima bantuan bedah rumah per KK menerima uang sebesar Rp 10 juta rupiah.

Kemudian, rincian dari 25 keluarga penerima bantuan bedah rumah itu, 10 diantaranya adalah warga Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo dengan anggaran total Rp 100 juta rupiah yang diserahkan kepada Kepala Desa.

Namun ironisnya, hingga saat ini data dilapangan baru menunjukan 7 KK yang sudah terealisasi, sedangkan untuk 3 KK lainya masih bermasalah. (ton)

Hits: 639