Tahun Pilkada Penyebar Berita Hoax, Diancam 6 Tahun Penjara Denda 1 Miliar

MAGETAN (lensamagetan.com)- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Magetan mulai banyak dimanfaatkan oleh media abal-abal untuk membuat dan menyebarkan berita-berita hoax, Senin (25/6).

Bagi anda yang suka mengirimkan kabar bohong (hoax), atau bahkan cuma sekadar iseng mendistribusikan (forward), harap berhati-hati. Ancamannya tidak main-main, bisa kena pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar,” kata H. Andra Oktavianus. SH, advokat dan juga salah satu dosen salah satu universitas favorid di Jawa Tengah, Senin (25/6).

Dijelaskan Andra, pelaku penyebar hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE. Di dalam pasal itu disebutkan.

“Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.” jelasnya Kepada Lensa Magetan.

Menurut Andra, tahun Pilkada ini mulai banyak penyebarkan pesan berantai lewat perangkat elektronik yang berisi hujatan,provokasi menghasut, untuk menjatuhkan nama baik Paslon lain yang harus diwaspadai juga oleh tim ciber patrol yang ditiap Polres pasti sudah dibentuk.

“Ini juga tugas kepolisian,untuk terus mengawasi perkembangan berita didaerahnya masing-masing,”ungkapnya.

Ujaran kebencian yang menjatuhkan nama salah satu paslon juga termasuk berita hoax yang juga bisa masuk dalam katagori kampanye hitam.

“Berita hoax, media abal-abal,yang mem-forward, disadari atau tidak, juga bisa kena karena dianggap turut mendistribusikan kabar bohong.” tegasnya.

Disamping itu lanjut Andra, memasuki tahun Pilkada seperti ini masyarakat jika mendapat pesan berantai yang hoax, agar tak sembarang menyebarkannya karena Pesan hoax, sudah masuk delik hukum.

“Bila ada berita hoax laporkan saja, setelah laporan diproses oleh pihak kepolisian, baru kemudian polisi bisa melakukan penyidikan dengan bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan segenap operator telekomunikasi lainya.” pungkasnya.

Hits: 30

Copyright LensaMagetan