Tak Lolos Akreditasi, Layanan Uji KIR di Kabupaten Magetan Tutup

MAGETAN (lensamagetan.com)- Pelayanan Uji Kendaraan atau Uji KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten dinyatakan ditutup, Senin (6/8).Tutupnya pelayanan uji KIR dikarena pelayanan uji kendaraan tersebut tidak lolos akreditasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI).

Adapun tak lolosnya pelayanan uji KIR di Kabupaten Magetan dalam akreditasi tersebut, dikarenakan kekurangan alat uji yang seharusnya sesuai standart Kementrian Perhubungan.

“Berdasarkan surat dari Kementrian Perhubungan untuk Uji KIR terdapat 11 alat yang harus dipenuhi, dan di Magetan masih ada yang belum terpenuhi,”kata Harsono Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Senin (6/8).

Diterangkan Harsono, pihaknya mengakui secara teknis maupun administrasi, Magetan memang merupakan daerah yang memiliki kekurangan, maka dari itu saat ini pihaknya sedang melakukan lelang untuk melengkapi dari 11 alat itu yang harus ada.

“Dari 11 alat itu ada diantaranya yang paling vital yang harus ada, maka dari itu kami saat ini masih berusaha lelang untuk mengadakan alat tersebu,”jelas Harsono.

Disamping itu lanjut Harsono, sesuai surat dari Kementrian RI bagi masyarakat yang hendak melakukan uji kendaraan, akan diarahkan ke wilayah lain yang terdekat dan sudah terakreditasi.

“Berdasarkan rekomendasi dari Kementrian Perhubungan RI, bagi masyarakat yang akan KIR kendaraanya akan dialihkan ke Wilayah terdekat lain yang sudah terakreditasi.

“Dalam surat edaran disuruh mengalihkan ke wilayah lain yang terdekat yang sudah akreditasi,untuk saat ini rekomendasi kami Madiun dan Ponorogo,”ungkapnya.

Disamping itu, karena hal itu dipastikan Pemkab Magetan nantinya tidak akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari KIR seperti tahun lalu.

“Kita sudah laporkan masalah ini kepada Plh Bupati Magetan,kita disuruh mencari solusinya,karena KIR tutup ya otomatis tidak ada pemasukan lagi to mas,”pungkasnya.(ton/rd).

Hits: 467

Copyright LensaMagetan