Tak Pernah Uji Berkala, Speed Boat di Telaga Sarangan Terus Beroperasi

MAGETAN- (lensamagetan.com)- Puluhan speed boat yang beroprasi di obyek Wisata Telaga Sarangan patut dipertanyakan kelayakanya. Pasalnya speed boat yang sudah beroprasi puluhan tahun beroperasi tersebut belum pernah sekalipun di uji kelayakan secara berkala, seperti kendaraan penumpang lainya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbudaya) melalui Sekertaris Disparbudaya mengatakan, hal itu di karenakan pihak terkait yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan sampai saat belum mempunyai penguji yang khusus untuk menguji kendaraan danau atau speed boat.

“Jumlah speed boat di Telaga Sarangan sekitar 50an, memang belum pernah diadakan uji kelayakan sama sekali, karena memang Dinas Perhubungan belum ada personil untuk menguji kendaraan khusus danau,” kata Winarto Sekdin Diparbudaya Magetan, Senin (30/7).

Diakatakan Winarto,selama ini untuk masalah kondisi perahu, Disparbudaya menyerahkan langsung kepada pemilik perahu, mengenai perwatanya dan juga kelayakan perahu untuk beroprasi.

“Untuk kelayakan dan kondisi speed boat kami serahkan kepada pemiliknya, karena selama ini mereka sudah bisa melihat, memperbaiki dan merawat speed boat mereka masing-masing,” jelas Winarto Kepada Lensa Magetan, Senin(30/7).

Winarto mengaku, walaupun sampai dengan saat ini semua speed boat di Telaga Saragan belum diuji kelayakanya secara berkala, namun ia mengaku speed boat di Telaga Sarangan aman, karena sekian tahun speed boat beroprasi belum pernah sekalipun pernah terjadi insiden yang fatal.

“Meskipun tidak di uji, kami yakin speed boat di Telaga Sarangan aman, karena sampai dengan saat ini belum pernah terjadi peristiwa atau kecelakaan yang fatal, pernah terjadi sekali itupun yang mengemudi pengunjung, dan selamat tidak terjadi apa-apa,” pungkasnya.(ton/rd)

Hits: 106

Copyright LensaMagetan