Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tingkatkan Infrastruktur Ramah Lingkungan, Pemdes Puntokdoro Pavingisasi Jalan Dusun Ngrejeng

LENSA MAGETAN- Pemerintah Desa (Pemdes) Puntukdoro, Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan dibawah nahkodanya Ir Cintoko Samodro melakukan berbagai gebrakan dalam membangun desa.

Contonya pada awal kepemimpinanya ini, dirinya menitikfokuskan program desa untuk peningkatan infrastruktur yang ramah lingkungan, salah satunya dengan pavingisasi jalan pada salah satu dusun di wilayahnya.

Tak tanggung-tanggung, fokus pada pavingisasi jalan yang berlokasikan di Dusun Ngrejeng ini Pemdes Puntokdoro menggelontorkan anggaran dengan nilai Rp 430 juta mengoptimalkan Dana-Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2020 dengan memperdayakan masyarakat desa melalui program Padat Karya Tunai (PKT).

Kepala Desa Puntukdoro Ir Cintoko Samodro mengatakan, dijalankannya program itu adalah sesuai dengan petunjuk Bupati Magetan untuk bisa memfokuskan DD agar bisa lebih menonjol.

Maka dari itu Pemdes Puntukdoro di tahun 2020 ini merealisasikan proyek pavingisasi yang terletak di Dusun Ngrejeng dengan panjang 625 meter X 4 Meter dengan kunci cor kiri dan kanan jalan.

Pavingisasi Jalan Dusun Ngrejeng, Desa Puntukdoro,Kecamatan Plaosan.

“Sesuai dengan petunjuk Bapak Bupati agar DD bisa lebih fokuskan, maka untuk tahun ini Desa Puntukdoro merealisasikan proyek pavingisasi yang terletak di Dusun Ngrejeng,” ujarnya, Selasa (22/9).

Cintoko mengungkapkan, bahwa pavingisasi ini merupakan salah satu program Pemerintah Desa dalam memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan akses jalan yang mudah guna memperlancar aktifitas masyarakat. Yang nantinya kedepan juga akan dilakukan di dusun-dusun lainya di Desa Puntukdoro.

“Ini adalah program kami, minta doanya agar bisa berhasil, dan nantinya akan kita lakukan di dusun-dusun yang lain di desa Puntukdoro ini,” jelas Cintoko Samodro Kepala Desa Puntokdoro.

Selain memperlancar aktifitas warga, Kades juga berharap dengan adanya pavingisasi jalan yang ramah lingkungan ini bisa menjadi sebagai resapan air, serta bisa untuk waktu jangka panjang agar setiap tahunya tidak terus melakukan penyemiran jalan yang menguras tenaga.

“Pavingisasi ini diharapkan bisa menjadi resapan air, kemudian kuat untuk jangka panjang agar tiap tahunya kita tidak perlu lagi melakukan penyemiran jalan, karena masih banyak yang perlu di urus pemdes selain mengurus jalan,”pungkasnya.(ton/nda)

Jurnalis: Nanda Bagoes
Editor: Anton Suroso

Hits: 108