Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tuntut Oknum Sekdes Dicopot, Puluhan Warga Banjarejo Lurug Kantor Desa

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Puluhan warga Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, melurug Kantor Desa setempat untuk mempertanyakan proses hukum salah satu oknum perangkat desanya, yang diduga mencuri uang kotak amal mushola di Kabupaten Ngawi sekitar seminggu yang lalu.

Puluhan warga itu menilai, perbuatan oknum perangkat desa itu sangat mencoreng nama baik desanya, sehingga mereka menuntut kepada Pemerintah Desa untuk memberhentikan oknum perangkat desa tersebut dengan tidak hormat.

“Kami selaku Pemuda Karang Taruna meminta oknum perangkat desa ini dicopot dari jabatanya, karena sudah tidak bisa menjadi panutan masyarakatnya, “kata Nur Saifudin, salah satu pengurus Karang Taruna Desa Banjarejo, Senin (22/6).

Nur Saifudin menegaskan, setelah tuntutan warga Desa Banjarejo tersebut disampaikan kepada Pemerintah Desa, pihaknya mengaku akan terus mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

“Kita akan kawal apa yang menjadi keputusan desa, kalau untuk urusan hukum kita serahkan pada kepolisian sebagai aparat hukum, ” jelasnya.

Sementara itu disisi lain, menanggapi masalah itu, Kepala Desa Banjarejo Jumiran mengaku akan segera koordinasi terkait permintaan warganya itu dengan pihak Kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan.

Karena dinilai sudah sangat mempermalukan perangkat desa Banjarejo, Jumiran menegaskan, akan mengajukan surat pemberhentian secara total oknum perangkat desa tersebut dari jabatanya.

“Yang paling tahu kinerjanya itu saya, saya juga sudah pernah memberikan surat peringatan dua kali, jadi bagaimanapun hasilnya, tanpa memandang segala aturan-aturan, saya selaku Kepala Desa akan mengajukan pemberhentian Eka Candra dari jabatanya secara permanen, “ujarnya.

Menurut informasi yang diterimanya, Jumiran menyampaikan, ternyata saat ini, oknum perangkat desa itu diduga juga sudah bebas dari jeratan hukum Polsek Padas Ngawi dan saat ini tinggal di rumah saudaranya.

“Kalau informasi yang saya terima dia sudah bebas dari wilayah hukum Polsek Padas Ngawi, saat ini tinggal dirumah saudaranya di Desa Ngariboyo, “imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Eka Candra Utama (ECU) (34) oknum perangkat Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo diduga kuat melakukan pembobolan kotak amal disalah satu Mushola di wilayah Kabupaten Ngawi.

Mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub) nomor 91 tahun 2016,Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Apabila oknum itu terbukti bersalah dan tervonis di pengadilan, dirinya dipastikan terancam diberhentikan sementara hingga diberhentikan selamanya dari jabatanya sebagai perangkat desa. (ton)

Hits: 4448