Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ujian Ditiadakan, Anggaran Ratusan Juta Belanja Cetak Naskah Ujian Muspro

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Belanja cetak naskah ujian sekolah dan ujian akhir di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) senilai ratusan juta rupiah di Kabupaten Magetan dipastikan sia-sia alias muspro.

Hal itu disebabkan, anggaran ratusan juta yang saat ini berwujud kertas untuk bahan ujian para siswa-siswi ini tidak digunakan, karena ujian pada tahun ini ditiadakan karena dampak Covid-19.

“Sebelum adanya Covid-19 ini semua sudah selesai dan dicetak, ternyata karena pendemi ini merebak turun Surat Edaran (SE) Permendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan pada masa Covid-19 salah satunya meniadakan ujian, “kata Suwata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olehraga (Dikpora), Jumat (8/5).

Suwata mengatakan, untuk ujian akhir dan ujian sekolah siswa-siswi ditingkat SD hingga SMP biasanya dimulai pada bulan April. Tapi karena adanya wabah Covid-19 di Kabupaten Magetan, ujian tahun ini gagal dilaksanakan yang berimbas naskah ujian juga tidak digunakan.

“Sebenarnya ujian itu sekitar bulan April, namun karena pendemi Covid-19 ini tidak boleh diadakan ujian, ya bagaimana lagi, mau tidak mau ya tetap harus bayar cetaknya, “jelasnya.

Meski naskah ujian itu tidak digunakan, Suwata menjelaskan, hingga saat ini semua naskah yang sudah dicetak disimpan dengan rapi sebagai dokumen dari Dikpora Magetan.

“Wong sudah dicetak mau dimana lagi, semua barangnya saat ini kami simpan sebagai dokumen,”jelasnya.

Sebagai informasi, data dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Magetan terdapat 3 nama paket belanja cetak naskah ujian dengan pengadaan langsung di Kabupaten Magetan.

Pertama Belanja cetak naskah ujian sekolah mapel 5 dengan nilai kontrak Rp 122.311.200, kedua Belanja cetak naskah ujian akhir SMP dengan nilai kontrak Rp 187.762.000, dan yang ketiga Belanja cetak naskah ujian utama 3 mapel ujian SD dengan nilai kontrak Rp 80.601.840.(ton)

Hits: 538