Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wisata Telaga Sarangan Segera Dibuka, Disparbud Lakukan Berbagai Persiapan

MAGETAN (LensaMagetan.com)- Pasca ditutupnya obyek wisata telaga Sarangan pada bulan Maret 2020 lalu untuk mencegah penyebaran pandemi Covid -19. Pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020 nanti, Pemkab Magetan bakal mengujicoba membuka lagi obyek wisata andalan Kabupaten Magetan tersebut.

Berbagai persiapan dilakukan oleh Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), dengan menyusun berbagai panduan protokol kesehatan dan juga berbagai sosialisasi baik untuk para wisatawan dan juga para pelaku usaha wisata.

“Tanggal 22 Juni 2020 nanti obyek wisata telaga Sarangan akan kita ujicoba dibuka untuk wisatawan, “kata Nanik Endang Rusminiarti, Wakil Bupati (Wabub) Magetan, Rabu (18/6).

Wabub menjelaskan, ujicoba pembukaan obyek wisata telaga Sarangan itu akan dilakukan selama 3 bulan terlebih dahulu, kemudian akan dievaluasi.

“Kita ujicoba dulu selama 3 bulan, bila semua lancar dan aman kemungkinan bisa terus buka. Namun, kalau terjadi sebaliknya, ada kemungkinan kita tutup kembali, ” ujarnya.

Venly Tomi Nicolas, Kepala Disparbud Kabupaten Magetan.

Sementara itu, ditempat yang berbeda Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Venly Tomi Nicolas mengungkapkan, untuk memulai membuka obyek wisata telaga Sarangan, mulai jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menerapkan protokol-protokol kesehatan baik untuk pengunjung serta pelaku usaha.

“Kita sudah persiapkan semuanya, mulai dari masuk loket kita beri jarak Physical distancing dan para pengunjung wajib memakai masker, kalau tidak akan kita suruh putar balik, “tegasnya.

Venly menerangkan, untuk tetap mengingatkan para wisatawan agar di lokasi wisata Sarangan tidak berkerumun, pihaknya juga sudah mempersiapkan petugas khusus untuk melakukan penjagaan.

“Semua pelaku usaha wisata kita siapkan protokol kesehatan, lalu untuk mencegah pengunjung agar tidak bergerombol kita juga sudah menyiapkan petugas,”imbuhnya.

Venly berharap, diujicobanya pembukaan wisata telaga sarangan nanti akan membawa dampak pemulihan perekonomian yang pesat bagi warga magetan.
Selain itu, juga sebagai pembelajaran, para pelaku usaha agar patuh dan disiplin dalam mentaati semua protokol kesehatan.

“Dalam 3 bulan ini adalah sebagai bahan evaluasi kita, semoga tetap berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, “tutupnya. (ton)

Hits: 1040