Bangun Smart UMKM, Pemkab Magetan Resmi Kukuhkan Penggerak Ekonomi Kreatif

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Puluhan peserta pelatihan Penggerak Ekosistem Digital Untuk Membangun Smart UMKM Menuju Smart Economy Kabupaten Magetan yang diselenggarakan oleh Kementrian Kominfo melalui BPSDMP Kominfo Surabaya, hari ini resmi dikukuhkan oleh Pemkab Magetan, Rabu (07/12/2022).

Bertempat di Pendopo Surya Graha Magetan, Pengukuhan dan Peresmian Penggerak Ekosistem Digital Untuk Membangun Smart UMKM Menuju Smart Economy Kabupaten Magetan dihadiri oleh Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Eka Handayani, Bupati Magetan yang diwakili Kadiskominfo Magetan Cahaya Wijaya, Kadisnaker Magetan, Kadisperindag Magetan, Kadinkop Magetan dan para peserta pelatihan.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari ini, akan diikuti 60 orang para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Magetan. Kegiatan dilakukan untuk menimba ilmu dari para narasumber berpengalaman agar UMKM di Magetan bisa menjadi lebih maju dan berkembang.

“Ini ada 60 orang terbaik yang kita jadikan penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Magetan yang kedepannya akan di integrasikan dengan Creative HUB Magetan sehingga ekonomi di Magetan bisa tumbuh,” ujar Eka Handayani, Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya, Rabu (7/12/2022).

Dijelaskan Eka, puluhan peserta pelatihan penggerak ekonomi kreatif tersebut telah diajarkan berbagai hal untuk mengembangkan produk UMKM mereka sehingga bisa menjadi lebih produktif.

“Dalam pelatihan ini, kita juga mengajarkan bagaimana cara membranding produk, seperti bikin konten, baik itu foto atau video, cara memilih sosial media untuk berniaga, terus juga cara bagaimana memanage sosial media, bagaimana cara beriklan di media sosial. Jadi semua mulai dari produk diciptakan, terus di digital marketingkan dan di evaluasi hasilnya seperti apa,”bebernya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kadiskominfo Magetan, Cahaya Wijaya menyampaikan berbagai langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan setelah penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Magetan resmi dikukuhkan hari ini.

“Selanjutnya Diskominfo Magetan akan bersinergi dengan dinas-dinas lainnya, bagaimana teman-teman UMKM yang telah mempunyai kemampuan digitalisasi ini, bukan saja nanti membuat produk tetapi membrandidnya juga bisa, membentuk jaringan juga bisa, kemudian kerjasama juga bisa. Dunia kita ini luas, produk Magetan tidak mustahil bisa go internasional nantinya. Dan orang-orang kreatif ini pasti akan tumbuh, disitulah peran Pemkab untuk terus mensuport mereka,”imbuhnya.(niel/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Logo-SMSI-PNG-745-x-250