Pemeriksaan Inspektorat di Desa Taji Selesai, Ini Hasilnya

303

LENSA MAGETAN- Setelah sekitar sebulan lamanya Inspektorat melakukan Pemeriksaan Khusus di Desa Taji Kecamatan Karas, terkait pengembalian sisa uang proyek bahu Jalan Sawah yang dikerjakan oleh Kasun Selawe tahun 2019 lalu, akhirnya memasuki babak final.

Plt Inspektur, Inspektorat Kabupaten Magetan Imam Fauzi mengatakan, dari sebanyak 4 (empat) proyek yang di kerjakan oleh Kasun Selawe memang didapati beberapa temuan dengan total uang seperti yang sudah dikembalikan Kasun Selawe. Serta ditambah lagi adanya sedikit temuan selisih pekerjaan Talut.

“Berdasarkan pemeriksaan temen-temen dilapangkan memang ada temuan sekitar Rp 35 juta sekian yang sudah dikembalikan Kasun Terito. Lalu temen-temen juga menemukan selisih pekerjaan Talut yang bila diuangkan sekitar Rp 2,8 juta rupiah,” ujarnya.

Imam menjelaskan, pengembalian uang oleh Kasun Selawe yang sebelumnya masih berada di rekening atas nama Kepala Desa (Kades) dan Bendahara Desa harus segera di dipindahkan ke Rekening Desa sebagai pendapatan desa.

“Pengembalian uang yang semula masih berada di rekening jilid dua, harus segera di pindah ke rekening desa. Dan uang yang di kembalikan ini kalau tidak salah bisa menjadi pendapatan lain-lain desa yang sah,” terang Imam.

Disinggung mengenai Kasun Selawe yang di sanksi membangun sejumlah fasilitas umum dari uang pribadinya dengan membuat surat kesepakatan di dalam forum, Imam mengaku tidak mau ikut campur dan menyerahkan hal itu kepada Camat dan Kepala Desa.

“Mengenai kesepakatan itu bukanlah keuangan desa, jadi kami tidak bisa melakukan pemeriksaan. Nanti kita serahkan kepada Kepala Desa dan Camat untuk mencari solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, dinilai menyelewengkan sisa uang pembangunan proyek bahu jalan sawah tahun 2019 lalu padahal digunakan untuk membangun punden desa, Kasun Selawe Terito diminta mengembalikan uang sebesar Rp 35 juta rupiah ke rekening atas nama Kades dan Bendahara desa.

Tidak hanya itu, sebagai sanksi lain Kasun Selawe diwajibkan meminta maaf kepada warga dengan membawa oleh-oleh serta membangun sejumlah fasilitas umum desa dengan menggunakan uang pribadinya dengan membuat surat kesepakatan.(ton)