Kementrian PUPR Berikan Hibah Air Minum Untuk Dua Ribu MBR di Magetan

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Lawu Tirta Kabupaten Magetan.(Anton/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Pemkab Magetan melalui Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Lawu Tirta Magetan, mendapat program hibah air minum perkotaan tahun 2022 untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Magetan.

Program yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menyasar masyarakat kurang mampu dan belum mempunyai sambungan air dari Perumdam setempat.

“Program MBR tahun 2022 ini prosesnya panjang, awalnya di tahun 2021 kita adakan penjaring penerima manfaat, lalu akhir 2021 data penerima manfaat kita setorkan ke pusat. Kemudian, awal tahun 2022 data dari pusat turun ke konsultan dan diadakan survei baseline,” kata Suyono koordinator Program hibah air minum MBR Kabupaten Magetan, Selasa (8/11/2022).

Suyono menjelaskan, berdasarkan dari data Kementerian PUPR, untuk tahun 2022 ini sebanyak dua ribu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Magetan mendapat sambungan baru air minum secara cuma-cuma.

Kalau pemasangan biasa, masyarakat harus mengeluarkan dana jutaan rupiah, pada program hibah air minum ini masyarakat hanya perlu mengeluarkan uang untuk administrasi dan pembayaran tagihan beban air selama dua bulan kedepan sebesar Rp 140.500.

“Agar masyarakat ini juga merasa memiliki, yang Rp 100.000 untuk administrasi dan yang lainya untuk deposit dua bulan, jadi masyarakat sudah tidak membayar air selama dua bulan kedepan,”ujarnya.

Sementara itu disisi lain, Direktur Administrasi Keuangan Perumdam Lawu Tirta Magetan, Suji, SH menambahkan, bahwa tahun ini total hibah yang di berikan Kementrian PUPR untuk program hibah air minum Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Magetan adalah Rp 6 Miliar, yang dibagi untuk semua penerima manfaat sesuai data dari pusat.

“Kalau total hibah Rp 6 Miliar, penerima manfaatnya dua ribu. Jadi jatuhnya pertitiknya itu Rp 3 juta rupiah,”imbuhnya.(ton/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *