RSUD dr Sayidiman Magetan Ditetapkan Sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit FK UMS

RSUD dr Sayidiman Magetan.(Daniel/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sayidiman Magetan, resmi ditetapkan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Satelit untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono S, Ponorogo dan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS).

Penetapan ini sesuai Surat Keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Dimana, penetapanya ini secara langsung diserahkan oleh Kemenkes selaku Tim Asesor Akreditasi.

Ketua Tim Koordinasi Pendidikan Kedokteran (Kakordik), RSUD dr Sayidiman Magetan, dr. Rahma Anindita, MSc, Sp.A, mengatakan, diputuskannya RSUD dr Sayidiman Magetan menjadi RSUD Pendidikan Satelit, dikarenakan sejak tahun 2019 lalu RSUD sudah menjadi tempat pendidikan atau praktek dokter muda dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS).

“Karena Pandemi, kita sempat vakum beberapa bulan, tapi awal Januari 2021 FK UMS sudah mulai mengirimkan lagi calon dokternya. Selanjutnya pada pertengahan tahun 2022 ini kita bersiap mendaftarkan sebagai RSUD Pendidikan Satelit untuk FK UMS,” ujarnya.

Dokter Rahma Anindita, atau bisa dipanggil dengan dr. Anin ini menjelaskan, butuh perjuangan dan proses panjang untuk menjadikan RSUD dr Sayidiman sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit.

dr. Rahma Anindita, MSc, Sp.A, Ketua Tim Koordinasi Pendidikan Kedokteran (Kakordik), RSUD dr Sayidiman Magetan.(Daniel/Lensa Magetan)

Hal itu tidak terlepas dari kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, terutama dengan RSUD dr Harjono S, Ponorogo dan juga Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Dibantu universitas afiliasi kami FK UMS, akhirnya beberapa bulan yang lalu kita terdaftar menjadi RSUD Pendidikan Satelit FK UMS. Kita rumah sakit Satelitnya, RSUD dr Harjono S, Ponorogo sebagai rumah sakit utamanya,” terang dr. Anin.

Untuk saat ini, lanjut dr Anin, sudah banyak para dokter muda dari FK UMS yang sudah melalukan praktek di RSUD dr Sayidiman Magetan, sesuai dengan periodenya.

“Tahun ini yang belajar disini untuk pendidikan dokter ada dua periode. Untuk periode 33 ada sekitar 30 an dokter muda. Kemudian periode 37 ada sekitar 37 dokter muda. semuanya dokter umum,”imbuhnya.

Sebagai informasi, Rumah Sakit Pendidikan Satelit adalah rumah sakit umum yang digunakan Fakultas Kedokteran dan atau Fakultas Kedokteran Gigi untuk memenuhi Kurikulum dalam rangka mencapai kompetensi di bidang kedokteran atau kedokteran gigi. Rumah Sakit Pendidikan Satelit ini digunakan para dokter muda dari universitas afiliasi untuk melakukan praktek, dan salah satunya adalah RSUD dr Sayidiman yang berkerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS). (ton/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.