Gandeng PT Aksara Solopos, Diskominfo Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

Puluhan Jurnalis Kabupaten Magetan Ikuti UKW yang Difasilitasi Diskominfo Magetan Bekerjasama dengan PT Aksara Solopos.(Daniel/Lensa Magetan)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas para wartawan di Kabupaten Magetan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan, memfasilitasi adanya Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Rabu (14/12/2022).

Bekerjasama dengan PT Aksara Solopos. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kali ini secara langsung dibuka oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, bertempat di Hotel Bukit Bintang (BB) Kecamatan Magetan.

“Dengan adanya UKW ini kedepan akan tercipta produk-produk jurnalistik yang lebih berkualitas dan informatif dalam pelaksanaan diseminasi informasi di Kabupaten Magetan,”kata Nanik, Rabu (14/12/2022).

Selama dua hari, puluhan jurnalis yang bekerja di Kabupaten Magetan ini akan duduk di kursi panas. Beberapa asesor atau penguji dari PT Aksara Solopos siap menguji dengan berbagai kegiatan jurnalistik yang harus dimiliki dan diketahui para jurnalis

“Mudah-mudahan dengan uji kompetensi ini, dapat meningkatkan profesionalitas wartawan di Kabupaten Magetan,” ujar Wabub.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan, Cahaya Wijaya, menambahkan, bahwa UKW memang sangat penting digelar karena wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers.
“Kompetensi ini akan menjadi alat ukur profesionalitas wartawan, yang akan diperlukan juga untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat,”terangnya.

Cahaya berharap, dengan adanya UKW di Kabupaten Magetan kali ini, bisa melahirkan para jurnalis-jurnalis yang kompeten dan patuh dengan kaidah-kaidah kode etik jurnalistik. Sehingga akan menghasilkan karya-karya yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Saya ucapkan selamat pada semua teman-teman jurnalis yang hari ini menjalani UKW. Semoga kedepan semakin sukses dan profesional,”imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelum diadakannya UKW, untuk menambah ilmu mengenai jurnalistik, Diskominfo Magetan juga menggelar kegiatan Pra UKW dan Workshop Kejurnalistikan dengan dua orang narasumber yang sangat berkompeten di dunia jurnalistik.(niel/ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *