Komitmen Salurkan Siswanya di Dunia Kerja, SMK Yosonegoro Gandeng Banyak Perusahaan

Beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Yosonegoro memberikan sosialisasi program untuk beberapa perwakilan SMK di Jawa Timur.(Anton/Lensamagetan.com)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Terus berusaha menyalurkan para siswa siswinya di dunia kerja, SMK Yosonegoro menggandeng dan bekerjasama dengan berbagai perusahaan di Indonesia.

Beberapa perusahaan itu diantaranya, PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motor, PT Chemco, PT Jiaec, LPK BNS , PT Advantage, PT Pama Persada, Exa Institut dan juga berbagai perusahaan lainya.

Beberapa perusahaan ini digandeng SMK Yosonegoro melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Yosonegoro Magetan, dimana setiap bulanya rutin menggelar rekrutmen.

“Setiap bulan sekali pasti kita gelar rekrutmen di beberapa perusahaan,” kata Ketua BKK SMK Yosonegoro Magetan Bayu Tri Nugroho.

Dijelaskan Bayu, melalui BKK banyak peserta didik maupun lulusan SMK Yosonegoro yang sudah tersalurkan ke dunia kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

Bahkan, pihaknya juga menggelar tes sistem ‘’ijon’’ yakni bila siswa sudah lulus bisa langsung kerja bila tes “ijon” ini lolos seleksi. Tes Ijon biasanya hanya dilakukan untuk para siswa dan siswi kelas XII, yang menjelang lulus sekolah.

Dalam sekali rekrutmen, kata Bayu, diikuti ratusan peserta . Dari jumlah tersebut, 15-20 persen lolos seleksi.
“Pokoknya belum lulus sudah di tunggu banyak Perusahaan,” ujarnya.

Dari semua usaha dan upaya yang sudah dilakukan BKK SMK Yosonegoro itu, Bayu mengklaim, setiap tahun ratusan siswa-siswi di SMK Yosonegoro bisa terserap dengan baik di dunia kerja.

“Sekitar 78 persen terserap kerja. Yang lain ada kuliah dan wirausaha,”tutup Bayu Tri Nugraha.(ton/*)